Sopir Bus Lebaran Wajib Tes Urine

Tes Urine
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Untuk mengatasi kecelakaan di jalur lintas darat arus mudik, pengelola Terminal Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) Lebak Bulus, Jakarta Selatan, mewajibkan para sopir bus angkutan Lebaran untuk memeriksa kesehatan. Sebelum bertugas, mereka harus lulus tes kadar alkohol dan amphetamine. Pemeriksaan akan dilakukan mulai H-7 hingga H+7 mendatang.

Kepala Terminal Bus AKAP Lebak Bulus, Ferdinand Karel Wowor, Rabu, 1 September 2010, mengatakan tes urine akan dilakukan oleh Badan Narkotika Propinsi (BNP).

Ia memperkirakan sebanyak 400 bus setiap hari berangkat melalui Terminal Bus AKAP Lebak Bulus.  Adapun prioritas utama pemeriksaan urine dilakukan terhadap sopir Bus AKAP jarak jauh, seperti kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hal itu dikarenakan faktor kecelakaan lebih tinggi, dibanding perjalanan jarak dekat.

Wowor menambahkan nantinya supir yang kedapatan mengonsumsi narkotika, alkohol, doping, dan obat-obatan terlarang lainnya tidak diizinkan untuk mengemudi dan akan digantikan oleh sopir cadangan. Selanjutnya sopir tadi langsung diproses melalui kepolisian.

Sejauh ini, lanjut Wowor, di Terminal Bus AKAP Lebak Bulus belum pernah ditemukan sopir yang menggunakan obat-obatan terlarang ataupun doping. Untuk itu, Wowor berharap pada arus mudik tahun ini sopir tetap mementingkan keselamatan penumpang. (hs)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024