Busway Terbengkalai, Wagub & Sutiyoso Bingung

Kepala BIN Sutiyoso.
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews - Bukan cuma masyarakat yang heran mengapa semua koridor busway belum dioperasikan. Tapi, Wakil Gubernur DKI Prijanto juga bingung mengapa pengoperasian seluruh koridor busway membutuhkan waktu lama.

"Untuk busway, saya juga bingung, untuk koridor 8,9,10 harus revitalisasi halte puluhan miliar. Saya heran, ada uang beli bus, tapi sekarang beli bus kok susah" ujarnya dalam diskusi Muswil PKS di Jakarta Sabtu 16 Oktober 2010.

Menurutnya lambannya pengoperasian busway terkendala dengan beberapa MoU dan aturan."Masih berkutat berapa rupiah per kilometer, ada istilah konsorsium, dan ada badan lelang, tidak ketemu" ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya harus berhati-hati agar jangan mempunyai permasalahan dengan hukum."Uang ada, bus ada, administrasi harus hati-hati" tegasnya.

Prijanto kembali menegaskan, untuk koridor busway jurusan Cililitan-Tanjung Priok akan beroperasi Desember 2010 mendatang. Bahkan Selasa pekan ini, Prijanto akan melihat perusahaan karoserinya. Pemesanan bus-nya sudah dilakukan di Balaraja dan Sentul.

Menurutnya saat ini sudah ada kata sepakat antara Pemprov DKI dengan konsorsium yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang dulunya mempunyai trayek yang sejajar di koridor itu.

Kebingungan juga disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dalam acara yang sama. Sutiyoso heran mengapa dalam waktu 3 tahun, Pemprov DKI hanya menyelesaikan 1 koridor busway yaitu koridor 8 dari 3 koridor yang belum beroperasi pada saat peninggalannya.

Pada saat meninggalkan jabatannya, Sutiyoso telah menyelesaikan tujuh koridor, dan infrastruktur di tiga koridor."Itu kan tinggal bus dan supirnya saja, kok proyeknya malah terbengkalai" kata Sutiyoso.

Ketika ditanya masalah administrasi yang dijelaskan Prijanto, Sutiyoso malah tidak mengerti ada masalah apa terkait administrasi. "Saya juga tidak mengerti apa masalah yang dikemukakan Pak Prijanto, tanya saja pada beliau" tambahnya.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI
Kembaran Yamaha Aerox 155 di Malaysia, Yamaha NVX 155 dapat warna baru

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Yamaha NVX 155 atau yang dikenal sebagai Yamaha Aerox 155 di Indonesia kini mendapatkan pilihan warna baru di Malaysia. Ada 4 warna baru yang diberikan pada skutik ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024