DKI dan PU Saling Tuduh Banjir Jakarta

Macet Usai Hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Pekerjaan Umum siap memenuhi undangan Dewan Perwakilan Rakyat atas kejadian macet dan banjir lokal di DKI Jakarta, Senin 25 Oktober 2010 lalu.

Undangan atas inisiatif wakil Gubernur DKI Fauzi Bowo ini ditanggapi serius dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) siap melakukan penyelesaian lanjutan atas banjir yang sempat melumpuhkan Jakarta itu.
 
Diwakili Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PU Budi Yuwono, disampaikan bahwa dalam sistem pengendalian air di lingkungan DKI ada pembagian antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemprov DKI.
 
"Kalau memang diundang oleh DPR, itu baik sekali," kata Budi di Kementerian Keuangan, Kamis 27 Oktober 2010.
 
Tapi, kata Budi, melihat peristiwa banjir lokal kemarin bahwa kesalahan itu sebenarnya bukan merupakan wilayah tanggung jawab Kementerian PU. Pasalnya tugas Kementerian PU adalah dalam hal menyangkut pengaturan sungai.
 
"Jadi kalau air membludak dari sungai, itu menteri PU yang bertanggung jawab. Kalau drainase, itu urusan Gubernur," kata dia.
 
Kementerian PU, kata Budi, saat ini belum menghitung berapa kerugian atas banjir lokal karena hujan kemarin. Alasannya, banjir bersifat lokal dan bukan karena disebabkan luapan air sungai yang mengalir di Jakarta.

"Karena hujan lalu tergenang, itu rasanya Gubernur yang cocok (menjawab berapa kerugian)," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, menyampaikan kalau dirinya belum mau dibilang gagal mengatasi banjir dan kemacetan ibukota. Orang nomor satu Jakarta ini siap memberikan klarifikasi terkait masalah banjir kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Tapi Fauzi Bowo memberikan satu syarat yang harus dipenuhi untuk hadir dalam pertemuan bersama para politisi Senayan itu. Foke bersedia datang bila dengan pejabat Kementerian Pekerjaan Umum.

"Silakan saja, dengan senang hati (akan datang). Lebih baik lagi ada Menteri Pekerjaan Umum, karena tanggung jawab kami bersama kan," ujar beberapa waktu lalu. (umi)

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal
Marcell Siahaan.

Dari Kristen ke Buddha, Akhirnya Marcell Siahaan Temukan Ketenangan di Islam

Penyanyi, Marcell Siahaan memutuskan masuk Islam atau menjadi mualaf pada 2012 silam setelah menikah dengan model cantik, Rima Melati Adams.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024