Polri Kewalahan Tangani Macet Jakarta

Kemacetan Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Direktur Lalu Lintas Mabes Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo mengatakan Kepolisian memiliki keterbatasan dalam mengatur lalu lintas di Jakarta. Dari sejumlah titik kemacetan di Jakarta, Kepolisian hanya mampu mengatasi seperenamnya.

Hal ini dikatakan Irjen Djoko Susilo usai Rapat Transportasi Jakarta di Istana Wakil Presiden, Jakarta, 29 Oktober 2010. "Di Jakarta itu ada 1.750 titik yang memang harus ada petugas. Sedangkan lalu lintas hanya bisa meng-cover tidak lebih dari 300 titik. Dengan demikian akan ada prioritas," kata Djoko Susilo.

Selama ini, menurut Dirlantas, Kepolisian telah mengatur lalu lintas secara optimal, termasuk dengan Traffic Management Center. Pengaturan lalu lintas itu termasuk pengaturan mobilitas, pengaturan penjagaan, dan patroli. Namun, peran Kepolisian itu tidak didukung dengan perilaku masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu-lintas.

Dirlantas juga membantah kejadian macet yang menyebabkan lalu-lintas Jakarta lumpuh pada Senin malam, 25 Oktober kemarin, disebabkan karena kurangnya Polisi Lalu Lintas di lapangan. "Kejadian seperti itu bukan karena tidak ada anggota di lapangan. Ada beberapa anggota (polisi), lalu otomatis bukan anggota lapangan tidak bisa berbuat lagi," ujar Djoko Susilo.

Djoko Susilo kemudian mencontohkan ketidakpatuhan masyarakat dalam berlalu-lintas. "Contoh bagaimana mengendalikan pengendara motor pada jalur kiri. Toh tidak semua dipatuhi, bahkan anggota saja ada dua orang yang ditabrak kendaraan bermotor," tutur Djoko.

Karena itu, Kepolisian mengharapkan peran masyarakat agar menerapkan disiplin di jalan raya. Dalam menangani masalah transportasi, Polisi juga mengharapkan peran institusi lain. "Masalah kan tidak berdiri sendiri. Polisi tidak bisa menangani sendirian," ucap Djoko. (adi)

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI
Polisi

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

pengalaman yang berbeda dialami oleh sekelompok polisi. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah, beberapa petugas polisi yang mengenakan seragam lengka

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024