Perbatasan Banten Diminta Waspadai Rabies

Seekor anjing menerima vaksinasi rabies
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Direktorat Jenderal Peternakan meminta daerah-daerah di sekitar perbatasan Banten untuk mewaspadai kemungkinan masuknya hewan berpenyakit rabies ke wilayah DKI Jakarta. Kewaspadaan itu menyusul ditemukannya kasus rabies pada anjing di Provinsi Banten.

Sebelumnya, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Dzawil Hidayah menyatakan institusinya menemukan kasus baru rabies di kawasan Serang, Banten. Dua kasus rabies itu terjadi pada anjing.

Dia mengkhawatirkan anjing-anjing itu dapat menularkan rabies ke anjing lainnya, sehingga dapat mewabah dan menjalar ke manusia. "Saya menyarankan para pemilik hewan seperti anjing, kucing, ataupun kera memerhatikan perawatan mereka. Jangan dibiarkan berkeliaran, sebaiknya dikandangkan saja," ujarnya.

Untuk itu, Sekretaris Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian, Sjamsul Bahri, meminta daerah-daerah di perbatasan Banten itu melakukan vaksinasi hewan secara ketat. "Ini untuk mengantisipasi kasus rabies di Banten masuk ke DKI Jakarta," ujar dia ketika dihubungi VIVAnews di Jakarta, Minggu 31 Oktober 2010.

Meski demikian, dia menambahkan, DKI Jakarta hingga saat ini masih berstatus bebas rabies. Status bebas rabies itu diperoleh sejak 2004 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian. Menurut dia, Provinsi DKI Jakarta masih relatif aman, karena hewan-hewan seperti anjing dipelihara dengan baik.

"Anjing-anjing itu dikandangkan para pemiliknya dan vaksinasi dilakukan rutin," ujarnya.

Namun, Sjamsul menjelaskan, walau cenderung aman, Ditjen Peternakan akan terus berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait, karena kasus yang paling dekat terjadi di Banten. "Kami tetap akan meningkatkan kewaspadaan, karena di daerah pinggiran masih terdapat anjing-anjing liar," tuturnya.

Sejak Januari hingga September 2010, sebanyak 7.706 ekor hewan di DKI Jakarta telah diberi vaksinasi rabies.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Rinciannya, sebanyak 814 hewan divaksinasi rabies di Jakarta Pusat, 1.948 ekor (Jakarta Timur), 480 ekor (Jakarta Barat), 868 ekor (Jakarta Utara), serta 1.650 divaksinasi rabies di Jakarta Selatan.

Selain itu, vaksinasi rabies dilakukan oleh Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) sebanyak 48 ekor. Sedangkan vaksinasi rabies oleh para dokter hewan di DKI Jakarta mencapai 1.898 ekor hewan.

Beda Sikap Ria Ricis dan Teuku Ryan Memperlakukan Orang Tua, Pantesan Susah Rujuk
Ilustrasi penipuan di online

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Seorang Ibu Rumah Tangga di Bogor bernama Jehan, menjadi korban penipuan berkedok kerja paruh waktu Shopee. Ia kehilangan uang hingga Rp131 juta, karena tergiur dengan im

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024