Efek Sterilisasi Koridor X, Casablanca Lancar

Sterilisasi Jalur Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kondisi lalulintas Jakarta pada Senin 3 Januari 2010, masih relatif lancar. Jalan Raya Buncit yang biasanya mengalami kemacetan sejak kawasan Ragunan, pagi ini terlihat lancar.

Hambatan hanya terjadi di lampu merah di kawasan Perempatan Ragunan, Buncit dan Mampang Prapatan. Tapi kondisi ini tidak seperti biasanya.

Hal serupa juga terjadi di kawasan Jalan dr Satrio dari Kampung Melayu menuju Casablanca mupun Tanah Abang. Kendaraan roda empat dapat memacu dengan kecepatan hingga 60 kilometer per jam.

Biasanya kawasan ini mengalami kemacetan panjang dan kendaraan terkadang tidak bergerak kerena volume kendaraan pada pagi hari.

Dari informasi Traffic Managemen Center (TMC) Polda Metro Jaya, kondisi ini terjadi karena banyak kendaraan tertahan macet di kawasan Kalimalang dan sterilisasi jalur busway koridor X, di kawasan Jalan DI Pajaitan.

Di setiap akses masuk jalur busway tampak dua hingga tiga petugas yang berjaga. Ini terlihat di sepanjang jalur sejak dari kawasan Cililitan hingga kawasan Jalan DI Panjaitan. Begitu juga dari arah sebaliknya.

Dinas Perhubungan DKI telah melakukan sterilisasi terhadap sejumlah ruas jalan yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Salah satunya di kawasan Pluit, Jakarta Barat. Sebelumnya, kawasan itu dimanfaatkan warga sebagai lokasi perdagangan.

Guna melancarkan headway atau jarak tempuh antar bus, rekayasa buka-tutup di perlintasan antara bus Transjakarta dengan Pintu Tol Semanggi 1 juga telah dilaksanakan untuk menghindari kemacetan.
 
Koridor IX dan X, dapat menyerap ribuan sumber daya manusia. Sebanyak 462 petugas tiket, 869 orang satgas, 50 orang pengendali, dan 85 petugas kebersihan. (umi)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024