MRT Dibangun, Jakarta Macet Total 5 Tahun?

Subway, salah satu moda angkutan MRT
Sumber :
  • subway.com

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta akan membangun mass rapid transit (MRT) dengan dukungan dana dari pemerintah Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA). Tapi, rencana itu bukannya tanpa masalah. Proyek yang bakal berlangsung selama hampir lima tahun itu, pada Januari 2012 - Oktober 2016, akan memperparah kemacetan Jakarta. Terlebih, di jalur di mana proyek pembangunan MRT berlangsung.

Presiden Direktur PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo mengakui, jalur Lebakbulus hingga Dukuh Atas akan mengalami kemacetan parah saat proyek berjalan. "Selama lima tahun pembangunan pasti masyarakat khususnya pengguna jalan akan terganggu," tuturnya.

Meski demikian, menurut dia, problem kemacetan di tiap-tiap jalan di mana dibangun jalur MRT "hanya" akan terjadi selama kurun waktu dua tahun saja. Kemacetan khususnya akan terjadi pada pembangunan jalur layang MRT yang terletak mulai dari Lebak Bulus - Al Azhar. Sebab, di kawasan ini juga akan berlangsung pembangunan jalur atas yakni pembuatan rel MRT dengan bentuk fly over.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

"Nanti Dishub DKI akan melakukan traffic management saat pembangunan MRT. Pembangunan dilakukan menurut window time atau pada jam-jam tertentu, misalnya mulai jam 10 malam sampai 4 pagi," ungkap dia.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono kepada VIVAnews.com mengaku telah menyiapkan manajemen lalulintas dengan melakukan perbaikan bahu jalan di sepanjang Jalan Fatmawati Jakarta Selatan.

Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold

“Kami melakukan perbaikan bahu jalan dan memperlebar jalan selebar tiga meter di sepanjang Jalan Fatmawati,” ujar Pristono.

Rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan. Di antaranya, dengan pengalihan lalulintas pada jalan layang non tol Antasari - Wijaya--yang juga direncanakan akan dibangun.

Pristono berharap pembangunan jalan layang non tol Jalan Antasari - Wijaya itu dapat segera rampung. Sebab, jalan baru bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif jika terjadi kemacetan saat pembangunan MRT nanti.
 
Selain itu, Dishub DKI juga akan mengatur jam kerja proyek agar tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas terutama di jam-jam sibuk. (kd)

Baca Juga: 23 Artis Jadi Target Operasi Narkoba Polda Metro

Guru Besar Unibraw: Setelah Prabowo Dilantik sebagai Presiden, Dia Milik Kita Bersama
Daihatsu All New Xenia.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Di tengah gempuran mobil-mobil baru dengan teknologi canggih dan fitur mewah, Daihatsu Xenia masih kokoh hadir sebagai kendaraan MPV di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024