Kasus Narkoba, "Mama Obama" Ditangkap Polisi

Artis Cara Lachele saat dibawa ke Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Polda Metro Jaya membongkar sindikat narkoba yang menggunakan senjata api yang melibatkan Cara Lachele, perempuan asal Afrika Selatan

Tersangka Cara diketahui sebagai model dan artis yang membintangi Film berjudul Obama Anak Menteng. Dalam film itu Cara berperan sebagai Ibu Obama.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Anjan Pramuka Putra mengatakan penangkapan Cara Lachelle merupakan pengembangan dari penangkapan empat tersangka yakni Erik, Doddi, Mendi, dan Jovis, yang lebih dulu ditangkap petugas kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

"Mereka merupakan bandar narkoba khusus wilayah Kemang, Jakarta Selatan," ujarnya, Rabu 5 Januari 2011.

Dari keterangan keempat tersangka, kata Anjan, petugas akhirnya membekuk tersangka Cara Lachelle di apartemen Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Petugas juga mendapatkan satu paket shabu seberat 1,19 gram yang disimpan di dalam tabung Redoxon dan peralatan penghisap alias bong.

"Tersangka Cara memang berprofesi sebagai model. Namun saya tidak tahu kalau dia juga aktris yang pernah membintangi salah satu film layar lebar di Indonesia," katanya.

"Silakan ditanyakan ke Produser film yang dibintangi pelaku," jelasnya.

Namun, Anjan menambahkan jika tersangka Cara tinggal di Apartemen Rasuna Said serta memiliki rumah dan villa di Bali. "Tersangka Cara Lachelle yang merupakan warga negara Afrika Selatan mengaku hanya sebatas pemakai bukan pengedar narkoba," imbuh Anjan.
    
Sutradara Film Obama Anak Menteng Damien Dematra saat dikonfirmasi belum mengetahui adanya penangkapan Cara Lachelle dalam kasus kepemilikan Narkoba. "Saya belum cek, tapi memang benar dia (Cara) tinggal di Apartemen Rasuna Said dan memiliki rumah dan villa di Bali," katanya singkat.

Sebelumnya diketahui, tertangkapnya Cara Lachelle berawal terbongkarnya sindikat narkoba yang menggunakan senjata api di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Sindikat itu berjumlah empat orang tersangka, masing-masing bernama Erik, Doddi, Mendi, dan Jovis. Pengungkapan jaringan narkoba berawal petugas mendapatkan informasi peredaran narkoba.

Polisi menindaklanjuti informasi itu dengan menangkap Erik dan Mendi, serta menggeledah rumah di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Jumat dini hari 31 Desember 2010.

Petugas mendapatkan barang bukti berupa 50 butir ekstasi dan dua pucuk senjata api jenis FN dan Walther.

Erik mengaku mendapatkan senjata api dari Doddi dan seorang pria yang masuk daftar pencarian orang (DPO) di daerah Mangga Dua, Jakarta Barat. Alhasil Doddi ditangkap petugas berdasarkan pengembangan dari Erik.    

Barang bukti yang disita petugas dari tangan DP berupa senjata api jenis FN dari tersangka JT dengan cara saling tukar pinjam pistol merk "Raikal" dan KJ-27 dan tiga butir peluru. Bahkan petugas sempat melepaskan tembakan kepada JT karena berusaha menodong polisi dengan menggunakan senjata apinya.

"Dari situ kami kembangkan, dan akhirnya tertangkap tersangka Cara Lachelle di apartemen Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan," kata Anjan.
    
Dari para tersangka petugas juga menyita barang bukti secara keseluruhan berupa 424 butir ekstasi, 52,13 gram shabu, 223 butir pil "happy five", satu unit timbangan elektrik, empat pucuk senjata api dan gas, serta tiga butir peluru tajam.

Para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (1) juncto Pasal 132 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan atau Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 juncto Pasal 55 ayat (1) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman penjara maksimal mati atau 20 tahun dan atau denda Rp20 miliar. (sj)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024