Tarif Jalan Berbayar Pagi Hari Lebih Mahal

Jalan di Singapura memakai sistem ERP
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta akan menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP). Rencana jalan berbayar dilaksanakan tahun ini.

Berdasarkan Rancangan Peraturan Daerah DKI Jakarta tentang Manajemen Kebutuhan Lalulintas Melalui Pembatasan Kendaraan Bermotor, ada empat lokasi jalan yang akan diubah menjadi jalan yang diberlakukan pembatasan lalulintas dengan berbayar.

Jalan itu adalah Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Rasuna Said, dan kawasan Kota Tua. Jalan berbayar ini tidak hanya berlaku untuk mobil tapi juga motor.

Dalam draft itu, penerapan ERP nantinya akan dilakukan hanya pada hari kerja mulai dari Senin hingga Jumat. Jalan berbayar tidak berlaku pada tanggal merah libur nasional.

Waktu pemberlakuan ERP pada pagi hari mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 10.00 WIB. Pada siang hari, dari pukul 12.00 sampai 14.00 WIB, dan pada sore hari pada pukul 16.00 hingga 19.00 WIB.

Sedangkan untuk penentuan tarifnya didasarkan pada beberapa faktor, yakni:
1. Jenis kendaraan yang digunakan. Artinya tarif yang akan dikenakan bagi pengendara motor akan lebih murah ketimbang mobil

2. Waktu penerapan ERP. Artinya tarif ERP pada waktu pagi, siang dan sore akan berbeda. Diperkirakan tarif untuk pagi dan sore akan lebih mahal dari siang hari.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, ERP diterapkan karena DKI kekurangan dana untuk membenahi moda transportasi massal.

"ERP harapan kami semua. Kami kekurangan dana untuk memajukan transportasi publik. Polanya ada tapi kendala keuangan dan regulasi selalu ada," ujar Fauzi Bowo.

Menurutnya, kendala terbesar mengatasi masalah kemacetan ibukota tak lain dari pengendalian jumlah kendaraan pribadi. Foke, begitu sebutan Fauzi Bowo, memaparkan setiap harinya kendaraan motor roda dua bertambah hingga 1.500 dan mobil 509. (adi)

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024