Pengeboran Flyover Casablanca Pekan Depan

Konstruksi beton jalan layang Casablanca
Sumber :
  • Dokumen Dinas PU DKI

VIVAnews - Pembangunan flyover atau jembatan layang Antasari-Blok M, Jakarta Selatan, sudah mulai memasuki tahap pengeboran. Dari tujuh titik pengeboran di kawasan Antasari, dua di antaranya telah selesai dilakukan. Tiga dari 10 titik di Jalan Trunojoyo juga telah dibor.

Namun, untuk pembangunan flyover Kampung Melayu-Tanah Abang, tepatnya di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan; pengeboran belum dilakukan akibat adanya masalah infrastruktur utilitas yang lebih rumit.

Menurut Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Novizal, di kawasan Casablanca pengeboran baru akan dimulai pekan depan setelah masalah itu dituntaskan.

"Ada pipa air baku sepanjang ruas jalan, dari Kalimalang ke pusat penjernihan PAM. Masalahnya lebih ruwet," ujar Novizal saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Senin, 10 Januari 2011.

Sementara itu, dia melanjutkan, masalah infrastruktur utilitas di pembangunan flyover Antasari-Blok M mayoritas telah diatasi. Dalam tiga sampai empat bulan ke depan, ditargetkan telah dipasang tiang bor sebagai fondasi.

"Kami tidak akan memasang tiang pancang dengan pertimbangan agar tidak mengganggu masyarakat, karena akan menimbulkan getaran dan suaranya berisik. Kalau tiang bor paling hanya suara mesin saja," dia memaparkan.

Masalah ketahanan gempa pun telah diperhitungkan. Novrizal mengatakan, prosedurnya telah ditetapkan dengan menggunakan platform terbaru, dengan Peak Ground Acceleration (PGA) atau tingkat akselerasi tanah maksimum yang lebih tinggi.

"Lebih kuat dari perhitungan bangunan yang lama dengan akselerasi beban gempa 20 persen PGA, kalau yang lama hanya 15 persen PGA," jelasnya.

Pembangunan dua flyover Antasari-Blok M dan Kampung Melayu-Tanah Abang ditargetkan selesai pada 2012. Ini akan menjadi jalur alternatif saat pembangunan MRT dimulai pada awal 2012.

Adapun untuk jembatan layang di kawasan Casablanca, akan dibangun mulai dari Jalan KH Mas Mansyur hingga ke Pemakaman Menteng Pulo. Jalan layang ini akan membentang sepanjang tiga kilometer. Sedangkan di Antasari akan dimulai dari kawasan Mabes Polri dan melintasi Jalan Iskandar Syah, turun di Cipete sepanjang empat kilometer.

Dua jalan layang ini dinilai vital karena diyakini akan menurunkan traffic time dan mengurangi kemacetan di dua kawasan tersebut. Pembangunan akan menggunakan dana multiyears dari APBD 2010-2012, yang jumlahnya mencapai sekitar Rp2 triliun. (kd)

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!
Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024