Puntung Rokok Penyebab RS Dharmais Terbakar

Kebakaran Di Sunter
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kebakaran melanda Rumah Sakit Dharmaisl di Jalan S Parman, Jakarta Barat. Penyebab kebakaran diduga akibat puntung rokok yang dibuang sebarangan.

Menurut Kepala Humas Polsek Palmerah, Ajun Inspektur Satu Bahrun, api pertama kali terlihat di ruang arsip di basement rumah sakit.

"Kebakaran diduga karena puntung yang masih menyala, dibuang sembarangan di dekat ruang arsip. Karena ada barang bukti puntung rokok di dekat tangga gudang," ujar Bahrun, Kamis 13 Januari 2011.

Menurut Bahrun, dari keterangan sejumlah saksi, kebakaran yang terjadi di gudang berukuran 3X6 meter itu membuat sejumlah pegawai yang ada di bagian  basement panik. Api pertama kali terlihat sekitar pukul 11.50 WIB.

Menurut seorang petugas kebersihan, Bustaman, para pegawai yang kebetulan melihat kejadian berusaha memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran yang tersedia di rumah sakit.

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban

Tak lama kemudian datang 12 mobil pemadam kebakaran. Kemudian dibantu petugas pemadam kebakaran, hanya sekitar 20 menit api sudah dapat dikuasai.

Meski dugaan awal kebakaran akibat puntung rokok, namun polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Menurut Kepala Sub Bagian Humas dan Rumah Tangga RS Dharmais, Bambang Purwanto, hingga kini masih terus dilakukan investigasi mengenai penyebab kebakaran. "Masih dalam investigasi dari petugas pemadam dan polisi. Ini belum selesai, kita tunggu saja hasilnya," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.com

Dijelaskan Bambang, api membakar gudang arsip di bawah tangga darurat. Hampir seluruh arsip di ruang itu yang tidak ada nilai historisnya habis terbakar.

"Arsip tak bernilai itu menumpuk terlalu tinggi dan ada alat listrik di atasnya. Mungkin saja korsleting, tapi ditemukan juga puntung rokok di dekat tangga," ujarnya.

Ditambahkan Bambang, kejadian kebakaran ini tidak mengganggu operasional rumah sakit. Sebab kebakaran berada di basement dan bukan areal pelayanan. (adi)

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai ditetapkan KPU RI sebagai Presiden dan Wak

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024