Maket Taman Rekreasi Situ Gintung

Maket Taman Danau Situgintung
Sumber :
  • Balai Besar Ciliwung Cisadane

VIVAnews - Bencana Situ Gitung masih meninggalkan luka yang mendalam bagi masyarakat yang berada di sekitarnya. Korban meninggal, rumah hancur, dan kendaraan yang rusak akibat kejadian ini menggambarkan bagimana hebatnya hantaman air yang menyapu pemukiman warga.

Epy Kusnandar Ternyata Ditangkap Bersama Yogi Gamblez 'Serigala Terakhir'


Maket Taman Danau Situgintung

Kini, Situ Gintung sudah disulap menjadi kawasan wisata. Sebuah monumen akan dibangun untuk mengenang para korban. Tampilan monumen diambil dari bentuk "splash" atau percikan air  yang melambangkan dahsyatnya bencana Situ Gintung.

Epy Kusnandar Rayakan Ultah Sebelum Ditangkap Kasus Narkoba, Make A Wish Minta Kerjaan Baru

Maket Taman Danau Situgintung

Dari tengah-tengah monumen, terdapat tiang tinggi menjulang  yang melambangkan harapan untuk menata kehidupan yang lebih baik bagi warga di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan.

Dari monumen itu akan dibuat juga prasasti nama-nama korban bencana Situ Gintung. Para pengunjung nantinya akan diarahkan melihat tanggul yang dulu jebol, untuk lebih mengetahui asal mula terjadinya bencana.

Pelajar Hingga Mahasiswa Indonesia Banyak Jadi Korban, Ini Beda Judi Online dan Game Online

Maket Taman Danau Situgintung

Selain akan dibuat monumen, di kawasan Situ Gintung juga akan dibuat hutan buatan sebagai salah satu upaya konservasi lingkungan. Kemudian ada areal rekreasi keluarga (multifungsi) dilengkapi dengan bangku taman, drinking fountain, dan berbagai permainan interaktif, fun, dan smart.

Maket Taman Danau Situgintung

Sesuatu yang lebih penting yang akan hadir di kawasan itu adalah sebagai kawasan edukasi, ada fasilitas penunjang rekreasi dimana air dikelola untuk langsung dinikmati oleh masyarakat.

Bencana Situ Gintung terjadi pada Jumat 27 Maret 2009. Sekitar pukul 03.30 WIB, ribuan kubik air menyampu bersih seluruh warga yang sedang tertidur.

Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan RI, lebih dari 90 orang meninggal dunia dan sebanyak 319 rumah, 11 gedung rusak, dan ratusan kendaraan rusak berat.

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang merupakan capres dari PDIP tidak mau masuk pemerintahan Prabowo Subianto yang memenangkan pemilihan presiden periode 2024-2029. Seberapa tajir Ganjar?

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024