Angkutan Reguler Tak Cocok Jadi Feeder Busway

Polisi tengah mengatur Metromini di Melawai
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendesak Pempov DKI melakukan peremajaan angkutan umum di Jakarta. Sebab, saat ini kualitas angkutan reguler sangat buruk, sehingga tidak cocok difungsikan sebagai angkutan pengumpan (feeder) busway.

"Sudah tidak memungkinkan jika masih mengandalkan angkutan reguler saat ini sebagai feeder busway, tanpa adanya peremajaan. Angkutan umum reguler sudah tidak layak mulai dari segi kenyamanan dan keamanan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa.

Situasi ini, dia melanjutkan, menjadi penyebab utama kenapa masyarakat masih saja memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang menggunakan bus Transjakarta. "Bagaimana busway (Transjakarta) mau dilirik masyarakat, kalau angkutan umum reguler yang berfungsi sebagai feeder-nya minim dan tidak layak," tutur Royke.

Menurut dia, peremajaan angkutan umum reguler sudah sangat mendesak dilakukan agar masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. "15 tahun lalu kita masih bangga menggunakan bus PPD, tapi sekarang tidak, karena semakin bobrok dan tak layak lagi. Bayangkan saja selama kurun waktu 15 tahun busnya tidak juga dilakukan peremajaan," tuturnya.

Belum lagi, perilaku sopir angkutan umum yang kerap bersikap ugal-ugalan saat mengendarai kendaraan di jalan raya. "Tentu itu tugas kita untuk menindak sopir yang ugal-ugalan, sehingga mengancam para penumpang," imbuhnya.

Ia berharap usulan peremajaan angkutan umum segera direalisasikan. "Kalau dilakukan tindakan, tentunya masyarakat akan semakin enggan menggunakan kendaraan umum, sudah tidak nyaman, kotor, bahkan nyawanya terancam akibat perilaku sopirnya yang kerap ugal-ugalan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI, Prijanto, mengatakan untuk menjadi bus pengumpan, armada yang yang ada harus direstrukturisasi. Upaya ini dilakukan agar spesifikasi antara bus Transjakarta dan bus pengumpan tidak timpang.

Menurut dia, terjadi perbedaan kualitas bus Transjakarta dengan angkutan reguler. "Bagaimana mau menarik perhatian orang jika atasnya jas, bawahnya piyama," kata dia memberi perumpamaan.

Restrukturisasi angkutan reguler, salah satu caranya, meninggikan bus angkutan reguler agar sesuaikan dengan halte busway, sehingga penumpang bus pengumpan (feeder) bisa diturunkan di halte kemudian perjalanannya dilanjutkan dengan Transjakarta.

Tidak hanya itu, bus pengumpan tersebut berfungsi menghantar warga dari permukiman hingga ke halte busway terdekat. Sebaliknya, bus ini juga direncanakan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis seperti kawasan komersial SCBD, Tanah Abang, dan Kelapa Gading.

Pendapat serupa juga diungkapkan Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman. Menurut dia, dengan adanya armada pengumpan atau feeder busway yang layak dan aman membuat moda transportasi massal itu diminati oleh masyarakat.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

"Saat ini akses busway belum sampai di permukiman penduduk. Feeder-nya minim dan tidak layak, sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi," ujarnya.

Seperti diketahui, sedikitnya 8.428 bus reguler di Ibukota tidak laik jalan. Warga pertaruhkan nyawa saat menggunakan moda angkutan Jakarta tersebut. 

Jumlah tersebut didasari data uji KIR yang dilansir pelayanan pusat Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Dari 11.091 unit bus, 8.428 bus di antaranya belum uji KIR.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, hasil operasi laik jalan angkutan umum sepanjang 2010, yaitu Oktober hingga Desember, kendaraan yang diperiksa sebanyak 1.642 bus. Dari total tersebut, yang dikandangkan sebanyak 320 bus dan terkena tilang sebanyak 333 bus.

Selanjutnya selama 2011, per 11 Januari, kendaraan yang telah diperiksa dalam operasi laik jalan angkutan umum mencapai  157 bus. Di antaranya sebanyak 35 bus dikandangkan dan 10 bus terkena tilang.

Operasi kelaikan jalan pada bus, menurut Lukman, meliputi pemeriksaan KIR, kondisi fisik bus, air conditioner, rem, serta kelengkapan surat administrasi seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar
Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024