Ini Sistem Tarif Parkir Baru di Blok M

Parkir 1 kali di Blok M
Sumber :

VIVAnews - Sistem awal yang diberlakukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan pengelola Blok M Square, dengan dua karcis parkir diduga kuat menjadi penyebab kebocoran pungutan parkir.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, pada penerapan sistem baru nantinya, bagi pengunjung yang masuk kawasan tersebut, akan menerima karcis barcode di pintu masuk. Ini berlaku baik kendaraan beroda dua dan empat.

Pengunjung dapat memilih lokasi parkir di luar maupun di dalam gedung Blok M Square. Dari tempat parkir tersebut, tarif yang diterapkan adalah tarif parkir progresif sesuai hitungan jam.

Untuk mobil, tarif yang akan dikenakan adalah Rp2000 per jam, sedangkan sepeda motor Rp 750 per jam. Penentuan tarif ini sesuai Peraturan Daerah Nomor 1/2006 tentang Retribusi Daerah, sedangkan tarif di dalam gedung sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 48/2004 tentang Tarif Parkir.

"Nantinya mereka hanya membayar satu kali saja di pintu keluar, cukup menunjukkan karcis barcode nanti petugasnya akan memindai (scanning) karcis," ujar Pristono.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Awal Februari 2011 mendatang, pada pintu masuk kawasan Melawai tidak akan ada lagi pos parkir, sebagai pengganti akan dipasang pintu otomatis. Bagi pengunjung yang parkir di luar kemudian berpindah ke dalam gedung, perhitungan tarif berlaku akumulasi.

Pristono menjelaskan, ketika masuk ke dalam gedung, maka petugas parkir akan memindai karcis kembali. Jumlah tarif parkir baik di luar maupun gedung baru diketahui ketika akan keluar kawasan Blok M. Jadi, selama di
kawasan Blok M tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Sementara itu, Kepala UPT Perparkiran, Benyamin Bukit membenarkan sistem lama itu memang sudah salah sejak awalnya. "Makanya dengan sistem ini, kami akan memperbaikinya," tuturnya.

Gubernur Fauzi Bowo memastikan kalau sistem baru itu akan diterapkan mulai awal Februari 2011, sekaligus digunakan untuk menghindari kebocoran pungutan parkir.

Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024