Flyover Blok M-Cipete Antisipasi Macet MRT

Salah satu moda MRT di Malaysia
Sumber :
  • panoramio.com

VIVAnews - Pembangunan jalan layang non tol Blok M-Cipete selain untuk mengatasi kemacetan di kawasan itu, juga untuk mengantisipasi kemacetan akibat pembangunan mass rapid transit (MRT).  Pemerintah DKI Jakarta akan membangun moda angkutan massal ini selama lima tahun.

Proyek pembangunan akan dimulai  Januari 2012 - Oktober 2016. Selama itu juga akan memperparah kemacetan Jakarta, khususnya di jalur proyek pembangunan MRT berlangsung seperti Fatmawati.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, kepada VIVAnews.com berharap pembangunan jalan layang baru bisa rampung sesuai jadwal. Jalan ini mulai dibangun tahun ini dan akan selesai dalam waktu dua tahun. "Kami telah memperhitungkan, saat jalan ini selesai, proyek MRT dimulai," katanya.

Sebab, kata dia, jalan baru bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif jika terjadi kemacetan saat pembangunan MRT.

Selain itu, dia mengaku, telah menyiapkan manajemen lalulintas dengan memperbaiki bahu jalan di sepanjang Jalan Fatmawati Jakarta Selatan.
“Kami melakukan perbaikan bahu jalan dan memperlebar jalan selebar tiga meter di sepanjang Jalan Fatmawati,” ujar Pristono.

Selain itu, Dishub DKI juga akan mengatur jam kerja proyek MRT agar tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas terutama di jam-jam sibuk.

Presiden Direktur PT MRT Jakarta, Tribudi Rahardjo mengatakan, problem kemacetan di tiap-tiap jalan di mana dibangun jalur MRT "hanya" akan terjadi selama kurun waktu dua tahun saja. Kemacetan, khususnya akan terjadi pada pembangunan jalur layang MRT yang terletak mulai dari Lebak Bulus - Al Azhar. Sebab, di kawasan ini juga akan berlangsung pembangunan jalur atas yakni pembuatan rel MRT dengan bentuk fly over.

"Nanti Dishub DKI akan melakukan traffic management saat pembangunan MRT. Pembangunan dilakukan pada jam-jam tertentu, misalnya mulai jam 10 malam sampai 4 pagi," ungkap dia.

Baca Juga: 23 Artis Jadi Target Operasi Narkoba Polda Metro

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024