Tender Konstruksi MRT Segera Dimulai

Salah satu moda MRT di Malaysia
Sumber :
  • panoramio.com

VIVAnews - Presiden Direktur PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo mengatakan, laporan akhir mengenai desain dasar mass rapid transit (MRT) masih dalam proses finalisasi. Nantinya desain itu akan mendapat persetujuan Kementerian Perhubungan.

"Laporan akhir desain dasar ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan proses lelang konstruksi yang diawali proses prakualifikasi," kata Tribudi kepada VIVAnews.com.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Kata dia, prakualifikasi lelang dilakukan untuk menyaring perusahaan-perusahaan, baik domestik dan mancanegara yang berminat melakukan pengerjaan fisik MRT koridor Selatan - Utara tahap I. Diperkirakan prakualifikasi lelang akan membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan. Setelah itu akan dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang konstruksi.

Proses prakualifikasi ini diharapkan dapat dilaksanakan cepat, sehingga lelang konstruksi dapat dilaksanakan pada pertengahan 2011. Pembangunan fisik MRT Jakarta Selatan–Utara Tahap I, ditargetkan dapat terlaksana pada 2012 dan beroperasi pada akhir 2016.

Seperti diketahui, Pemerintah DKI Jakarta akan membangun MRT dengan dukungan dana dari pemerintah Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA). Proyek angkutan massal ini akan dikerjakan selama hampir lima tahun, dimulai Januari 2012 - Oktober 2016.

Akan ada enam stasiun bawah tanah yang terdapat di Masjid Al Azhar, Istora Senayan (Ratu Plaza), Bendungan Hilir, Setia Budi, dan Dukuh Atas dan Bundaran Hotel Indonesia dan tujuh stasiun elevated di Lebakbulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

Rute Lebak Bulus-HI biaya yang akan dikeluarkan mencapai 144,322 miliar yen atau sekitar Rp15 triliun. Dana itu terbagi menjadi dana porsi pinjaman sebesar 120,017 miliar yen dengan bunga sebesar 0,2%  per tahun dan dari APBN dan APBD sebesar 24,305 miliar yen.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memimpin pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pihaknya kembali menyelidiki kembali maraknya perdagangan pakaian bekas hasil impor.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024