Narkoba Dominasi Kejahatan di Jakarta Barat

Narkoba
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Angka kejahatan di Jakarta Barat lebih banyak didominasi kasus narkoba. Ini terlihat dari seluruh kasus yang ditangani Kejaksaan Negeri Jakarta Barat pada tahun 2010, 80 persennya adalah kasus narkoba.

"Kasus narkoba yang kami tangani tahun 2010 ada 218 kasus atau 80 persen dari keseluruhan kasus kejahatan di Jakarta Barat. Dan ini 30 persen lebih tinggi dibanding tahun 2009," ujar Kepala Seksi Penindakan Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, David P Duarsa, Rabu, 26 Januari 2011.

Namun, David melanjutkan, dari ratusan kasus narkoba yang diproses, sebagian besar terdakwa hanyalah para pengguna bukan pengedar atau bandar. "Mayoritas pengguna yang memiliki barang bukti hanya 0,5 hingga 1 gram narkoba. Para pengguna umumnya masyarakat ekonomi kelas bawah." jelas David.

Guna mengantisipasi terus meningkatnya jumlah kasus narkoba di Jakarta Barat, David selalu menuntut para pelaku dengan vonis tinggi. "Tahun 2010, ada satu terdakwa pemilik pabrik shabu yang kami tuntut mati. Tapi vonis hakim hanya seumur hidup" kata David.

Kejaksaan, kata dia, tetap mengajukan banding atas putusan hakim. "Putusan hakim tidak memenuhi rasa keadilan. Masa' pemilik pabrik shabu cuma dihukum seumur hidup, pengguna 0,5 gram shabu saja divonis minimal 4 tahun," jelas David.

Dia berharap aparat kepolisian lebih memprioritaskan penangkapan dan pengungkapan pengedar dan pemilik pabrik narkoba dibanding pengguna yang hanya sebagai korban.

Polisi saat ini terus gencar membongkar jaringan narkoba di Jakarta Barat. Kemarin, 25 Januari Polda Metro Jaya menggerebek pabrik narkoba di kompleks Pertokoan Duta Square Blok B No 8, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan 3 pelaku dan menyita sejumlah barang bukti berupa 2,5 kilogram shabu cair dan seperangkat alat produksi shabu.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024