4 Pilihan Lokasi Tanggul Raksasa di Jakarta

Banjir rob di Jakarta Utara
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Jakarta akan membangun tanggul raksasa di sepanjang pantai utara. Tanggul yang mencontoh Belanda ini, dibangun untuk mengatasi banjir rob atau air laut pasang serta penurunan permukaan tanah.

Namun mengenai lokasi pembangunan tanggul, pemerintah DKI Jakarta belum menentukannya. Tapi, ada empat lokasi yang dimungkinkan untuk pembangunan tanggul.

Deputy Representative Bos Witteveen, salah satu perusahaan anggota Konsorsium Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS), Sawarendro, mengatakan keempat lokasi itu antara lain:

1. Tanggul laut diintegrasikan dengan reklamasi pantai utara Jakarta.
2. Tanggul laut berada di luar wilayah reklamasi
3. Tanggul laut berada di luar wilayah reklamasi kecuali Tanjungpriok
4. Tanggul laut menghubungkan antarpulau di Kepulauan Seribu.

"Pilihan pertama, merupakan opsi yang paling mungkin dilakukan untuk dilaksanakan dalam 20 tahun ke depan," katanya kepada VIVAnews.com.

Sawawendro mengatakan, sejak Desember 2010 pihaknya sudah menyusun strategi perencanaan pembangunan tanggul laut raksasa. "Kita harap Mei 2011, sudah bisa didiskusikan ke Bappenas, Kementerian PU, Dinas PU dan Pemprov DKI,"katanya.

Kata dia, nantinya pembangunan tanggul raksasa akan memperhatikan penurunan muka tanah dan kenaikan muka air laut.

Dia mengatakan, karena tanggul raksasa ini membutuhkan biaya yang besar maka pelaksanaannya bisa dilakukan dengan kontribusi sektor publik dan swasta.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, pembuatan tanggul raksasa ini mendesak dilakukan. Kata Foke, pemerintah pusat telah memintanya untuk merancang sea defence strategy atau strategi pertahanan air laut di sepanjang pantai utara Jakarta.

Dari kajian yang telah dilakukan konsorsium JCDS, lembaga bantuan dari Pemerintah Belanda, menemukan dua faktor yang menyebabkan banjir masih melanda Jakarta.

"Kedua faktor itu adalah penurunan permukaan tanah dan peningkatan permukaan air laut," kata Fauzi.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat
Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024