Juli, Pembangunan Konstruksi JORR II Dimulai

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Sekitar 30 lahan dari 790 bidang tanah di Jakarta Selatan telah berhasil dibebaskan untuk pembangunan Jakarta Outer Ring Road West (JORR W) II. Pembebasan lahan di tiga kelurahan, yakni Petukanganuatara, Petukanganselatan, dan Ulujami diharapkan bisa mencapai 90 persen pada Maret 2011.

Ketua Tim Pengadaan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum Ambardy Effendy mengatakan, hingga saat ini masih 300 bidang tanah yang tengah dalam proses pendataan. "Setiap bulan akan kita lakukan pembayaran, agar proses pembebasan lahan itu segera selesai," kata dia di kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis 27 Januari 2011.

Namun, dia mengatakan, saat ini terdapat 24 bidang tanah yang masih dalam sengketa. Di antaranya empat bidang tanah di Kelurahan Ulujami, dengan rincian tiga bidang tanah status sengketa dan satu bidang lainnya merupakan tanah wakaf. Selain sengketa juga karena warga masih belum setuju dengan harganya. "Tanah-tanah tersebut akan dikonsinyasi ke pengadilan," ujarnya.

Ia juga menargetkan pekerjaan konstruksi bangunan akan dimulai pada Juli mendatang. Total dana yang dikucurkan untuk pembebasan lahan sebesar Rp610 miliar. Sementara untuk pembayaran pembebasan 150 bidang kali ini sebesar Rp106 miliar, dengan kisaran harga Rp1 juta hingga Rp2,7 juta per meternya.

Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Jakarta Selatan, Syamsudin Noor, menjelaskan beberapa warga memang masih ada yang belum menyetujui dengan harga yang ditawarkan. Namun karena harga sudah ditetapkan melalui SK Gubernur, maka tidak akan ada lagi perubahan harga. "Jika masih belum menyetujuinya maka akan dititipkan ke pengadilan," katanya.

Hingga saat ini dari 790 bidang tanah di tiga kelurahan, 246 di antaranya telah dibebaskan. Di Kelurahan Petukangan Utara terdapat 373 bidang tanah, sebanyak 191 bidang telah dibebaskan. Sementara di Kelurahan Petukangan Selatan terdapat 413 bidang tanah dan baru 55 bidang yang dibebaskan. Sedangkan empat bidang tanah di Kelurahan Ulujami hingga saat ini belum dapat dibebaskan karena masih dalam sengketa. (umi)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024