Polda Metro Jaya:

Flyover Casablanca Cuma Atasi Macet 5 Tahun

Konstruksi beton jalan layang Casablanca
Sumber :
  • Dokumen Dinas PU DKI

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya pesimis jalan layang non tol Kampung Melayu-Tanah Abang bisa mengurai kemacetan di kawasan Casablanca, Kuningan, dan Karet. Sebab tidak adanya upaya dari Pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan peremajaan angkutan umum serta pembatasan penggunaan kendaraan pribadi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa menilai, peremajaan angkutan umum tidak dilakukan dan peraturan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, jalan layang ini hanya bisa membuat lancar sekitar 3-5 tahun terhitung sejak mulai dioperasikan.

18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE

Penambahan pusat perbelanjaan, seperti proyek superblok Ciputra World dan Kuningan City di kawasan Mega Kuningan tetap berpotensi menyebabkan kemacetan. "Volume kendaraan makin tinggi," kata Royke, Jumat 28 Januari 2011.

Kata dia, jalan layang akan makin masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi. Perlu memperhatikan aspek lain, agar solusi mengatasi kemacetan iniĀ  tidak berbalik menjadi bumerang dan menambah kemacetan.

"Kita harus berani mengambil keputusan, salah satunya melakukan peremajaan menyeluruh angkutan umum, bahkan yang lebih radikal pembatasan penggunaan kendaraan pribadi," jelas dia.

Namun, untuk peraturan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi harus dibarengi dengan adanya moda transportasi massal seperti busway, MRT, dan subway.

Saat ini penggunaan kendaraan pribadi sudah berada di titik nadir, hingga Januari 2011 jumlah kendaraan bermotor mencapai 12 juta unit, dengan rincian 8 juta roda kendaraan roda dua dan 4 juta roda empat.

Pembangunan jalan layang non tol Kampung Melayu-Tanah Abang sepanjang 2,3 kilometer, dan baru akan dilakukan pembangunannya sepanjang 1,8 kilometer, yaitu Jalan Satrio hingga Jalan Mas Mansyur.

Sedangkan kawasan Pondok Kopi dan Tanah Abang sepanjang 5 kilometer masih dilakukan tendernya. Jalan layang ini juga berada 12 meter di atas tanah. Untuk bagian atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 meter karena adanya monorel.

Target pengerjaan dilaksanakan selama 630 hari atau 1 tahun 7,5 bulan dengan masa perawatan selama 180 hari. Total nilai proyek pembangunan sebesar Rp737 miliar yang dibagi tiga proyek. (adi)

Penemu Partikel Tuhan Meninggal Dunia
Mobil hilang kendali, terbang dan menabrak garasi

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sebuah tragedi terjadi di Jurupa Valley, California pada pekan lalu di Amerika Serikat. Di pagi hari yang cerah, mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi memasuki jalan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024