Larangan Bus Reguler di Koridor IX Diabaikan

Bus PPD tengah beroperasi di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Pengalihan trayek bus reguler yang bersinggungan dengan jalur bus Transjakarta koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) belum berjalan dengan maksimal. Sejak pagi, masih banyak bus yang melintas di kawasan tersebut.

Dari pantauan VIVAnews.com, Selasa 1 Februari 2011, sejumlah bus reguler seperti P6, P 46, dan P6a masih terlihat di Jalan S Parman, menuju Grogol dan sebaliknya.

Sejumlah penumpang juga masih terlihat berkumpul di depan gedung JDC Slipi, Jakarta Barat, dibanding halte busway yang masih terlihat kosong. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kalau penghapusan trayek bus reguler telah diberlakukan hari ini.

"Kalau rencana penghapusan tahu. Tapi kapan diberlakukan tidak," ujar Bambang, penumpang P6 di kawasan Slipi, Jakarta Barat.

Menurut Kasie Penindakan Dishub Jakarta Barat, Suyoto, selama sepekan ini masih dalam tahap sosialiasi, dan penindakan baru akan dimulai pekan depan.

"Sosialisasi kepada sopir dan penumpang. Pemerintah pusat juga telah melakukan ke perusahaan," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengaku mengerahkan 80 petugas untuk menghalau bus reguler yang melintasi koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) mulai hari ini.

Tapi, mulai dari kawasan Cawang hingga Slipi, tidak terlihat petugas yang melakukan penjagaan. Petugas terlihat berkumpul di Terminal Grogol dan tidak melakukan penindakan. Beberapa dari petugas tersebut hanya memberikan imbauan kepada sopir bus.

Guna memperlancar operasional bus Transjakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menghapus seluruh bus reguler yang beriringan dengan busway. (adi)

Rute Grogol-Cililitan misalnya akan dipindah ke rute lain yang masih membutuhkan dan tidak bersinggungan dengan busway. Patas AC 03 jurusan Pulogadung-Kalideres juga sudah tidak ada lagi karena para penumpang sudah berpindah ke busway. Pada jalur Koridor IX, juga akan segera dilakukan penertiban agar pengguna angkutan umum berpindah ke bus Transjakarta.

Ada dua trayek bus yang akan dialihkan yang beriringan dengan koridor IX. Tiga trayek bus PPD dan enam trayek bus Mayasari Bakti. Jumlah bus yang dimiliki kedunya mencapai 189 bus. Untuk trayek PPD, rute yang dicabut atau dialihkan antara lain, PAC 13 jurusan Kampung Rambutan-Muara Angke, PPD 46 jurusan Kampung Rambutan-Grogol, dan P37 jurusan Blok M-Muara Angke.

Sementara itu, untuk trayek Mayasari Bakti antara lain, P6B jurusan Kampung Rambutan-Muara Angke, PAC74 jurusan Kampung Rambutan-Tangerang, P6 jurusan Cililitan-Grogol, P39 jurusan Grogol-Bekasi, P6A jurusan Kampung Rambutan-Kalideres, dan PAC26 jurusan Grogol-Bekasi.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya
Ilustrasi orang sedang bermain game online

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menyatakan progres perpres pengawasan game online sudah harmonisasi antara kementerian, lembaga dan pemda.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024