Trayek Dihapus, Sopir Bus Pulang Kampung

Bus PPD tengah beroperasi di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Kebijakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta menghapus operasi sembilan trayek bus reguler yang bersinggungan dengan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), dikeluhkan sejumlah sopir. Para sopir yang kena dampak akan dialihkan menjadi sopir Transjakarta. Rencananya bus itu akan dioperasikan kerjasama Pemda dan perusahaan angkutan.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Repotnya, dalam peraturan itu disebutkan batas maksimal usia sopir adalah 45 tahun. "Banyak sopir usianya di atas 50 tahun" ujar Kasie Operasi Dishub Jakarta Barat, Suyoto kepada VIVAnews.com, di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Selasa 1 Februari 2011.

Suyoto mengakui kalau akhir-akhir ini banyak sopir bus yang berkeluh kesah kepada dirinya. Tapi Suyoyo menegaskan bahwa, "Ini kebijakan perusahaan bus, bagaimana para sopir yang berusia lanjut dapat diberdayakan."

Sesunnguhnya syarat usia sopir Bus Transjakarta harus di bawah 45 tahun bukan tanpa alasan. Dengan usia yang tidak terlalu tua, dan fisik yang sehat, diharapkan keselamatan berlalulintas dapat terjaga sehingga kecelakaan akibat human error dapat ditekan.

Salah seorang supir bus reguler P6, Sutisna, yang berusia 51 tahun mengaku pasrah dengan kebijakan ini. Dia akan pulang kampung dan mencari pekerjaan lain.

"Saya pilih pulang kampung ke Rangkas (setelah busnya tidak beroperasi)," ujarnya singkat.

Kebijakan penghapusan sembilan trayek bus reguler akan mulai efektif awal pekan depan. Penghapusan khusus untuk trayek bus yang bersinggungan dengan koridor IX, yang jumlahnya mencapai 50 persen lebih.

Tiga trayek bus PPD dan enam trayek bus Mayasari Bakti yang sudah pasti akan hentikan operasionalnya. Jumlah yang dimiliki kedunya mencapai 189 armada bus reguler.

Trayek PPD, rute yang dicabut atau dialihkan antara lain, PAC 13 jurusan Kampung Rambutan-Muara Angke, PPD 46 jurusan Kampung Rambutan-Grogol, dan P37 jurusan Blok M-Muara Angke.

Sementara untuk trayek Mayasari Bakti antara lain, P6B jurusan Kampung Rambutan-Muara Angke, PAC74 jurusan Kampung Rambutan-Tangerang, P6 jurusan Cililitan-Grogol, P39 jurusan Grogol-Bekasi, P6A jurusan Kampung Rambutan-Kalideres, dan PAC26 jurusan Grogol-Bekasi.

Pengalihan trayek bus reguler yang bersinggungan dengan jalur bus Transjakarta koridor IX terlihat belum berjalan dengan maksimal karena banyak bus yang masih melintas di kawasan tersebut.

Dari pantauan VIVAnews.com, Selasa 1 Februari 2011, sejumlah bus reguler seperti P6 dan P6A, masih terlihat di Jalan S Parman, menuju Grogol dan sebaliknya.

Sejumlah penumpang juga masih terlihat berkumpul di depan gedung JDC Slipi, Jakarta Barat, dibanding halte busway yang masih terlihat kosong. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kalau penghapusan trayek bus reguler telah diberlakukan hari ini.

Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024