Imlek 2562

Klenteng Padat, Warga Rayakan Tahun Kelinci

Imlek 2011
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews -Warga Tionghoa, kerap memeriahkan tahun baru Imlek dengan makan malam dan pesta kembang api. Hari ini, Tahun Baru China menginjak tahun ke 2562 yang digambarkan dengan kelinci.

Apa makna shio kelinci bagi orang Tionghoa? Menurut kepercayaan Tionghoa, orang bershio kelinci (mao) bersifat pendiam, pemalu, retrospektif, dan bertenggang rasa. Begitu pun dengan tahunnya.

"Kelinci itu melambangkan hewan cerdik, tangkas, dan cepat. Jadi, tahun ini kita diharapkan bisa lebih cekatan, dan cepat dalam menangkap berbagai peluang, baik itu peluang bisnis atau pekerjaan," kata Yu Ie pada VIVAnews usai beribadah di Vihara Dharma Bhakti, Kamis 3 Februari 2011.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini cenderung lebih tenang. "Kalau tahun lalu adalah tahun macan. Seperti sifatnya, macan memiliki sifat yang garang dan galak. Jadi, di dunia nyata sering kita temui konflik, perseteruan, dan kekerasan," jelas Yu Ie menambahkan.

Sekitar 1.000 orang lebih memadati Kelenteng Petak 9. Tak hanya jemaah, vihara juga disesaki oleh para fotografer yang hendak mengabadikan momen Imlek. Selain itu, klenteng juga dijejali banyak turis asing dan pengemis.

Sebagian besar warga Tionghoa berkunjung untuk sembahyang, dan berdoa. "Sembahyang dengan membakar dupa, dan kertas seraya berdoa untuk kebaikan dan peruntungan masing-masing di tahun baru," jelasnya.

"Setelah beribadah, biasanya kami melakukan pai cia, yaitu semacam silaturahmi ke rumah saudara, rekan, sahabat mengucapkan selamat tahun baru, dan saling mendoakan satu dan lainnya supaya banyak rejeki," dia menambahkan.

Tradisi ang pao atau amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek juga masih melekat di budaya Tionghoa lokal. Tradisi ini dilakukan oleh mereka yang sudah menikah, dan memberikannya pada orang belum menikah. Besarannya tergantung pada kemampuan ekonomi masing-masing.

Bagi Yu Ie, tahun baru Imlek ini cukup berkesan.  "Sekarang ini, situasinya jauh lebih terbuka. Kami bisa merayakan tahun baru Imlek lebih tenang. Dulu, kami merayakannya secara sembunyi-sembunyi. Jangankan merayakan tahun baru, pertunjukan barongsai saja tidak boleh," ujar Yu Ie.(np)

Bagikan Edukasi Seputar Diving, Pengacara Cantik Asal Filipina Ini Ketagihan Jadi Konten Kreator
Rekaman CCTV penganiayaan oknum polisi di Sumut terhadap istrinya

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Oknum polisi Bripka Berlin Sinaga dilaporkan istrinya ke Polda Sumut atas dugaan melakukan tindak pidana penganiayaan atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024