Polda Tak Jaga Khusus Masjid Ahmadiyah

Masjid Ahmadiyah yang nyaris dibakar di Kebayoran Lama
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Sejumlah masjid milik jamaah Ahmadiyah di Jakarta dijaga petugas kepolisian. Salah satunya di kawasan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penjagaan masih dilakukan sampai hari ini, Senin 7 Februari 2011.

Penjagaan di masjid milik jamaah Ahmadiyah dilakukan menyusul terjadinya bentrokan yang berujung tewasnya tiga jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandelang, Banten, Minggu 6 Februari 2011. Terlihat sejumlah petugas dari Polres Jakarta Utara melakukan penjagaan di sekitar Masjid.

Salah satu jemaat Ahmadiyah bernama Zaenal mengakui, penjagaan dilakukan untuk mengantisipasi terjadi bentrokan seperti di Cikeusik, Pandeglang, Banten.

"Tentunya akibat peristiwa itu, kita merasa resah dan terancam, penyerangan itu jelas melanggar HAM (Hak Asasi Manusia). Kita ingin kasus itu bisa diusut tuntas," kata dia.

Meski di bawah penjagaan, namun aktivitas jemaah di dalam masjid tidak terganggu. Saat ini para jemaah masih diliputi keadaan duka terkait tewasnya ketiga jemaah mereka di Cikeusik.

Namun, hal berbeda terlihat di masjid Al Hidayah milik jamaah Ahmadiyah di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Berdasarkan pantuan VIVAnews.com, tidak terlihat penjagaan di sekitar tempat ibadah itu.

"Polisi dalam hal ini sifatnya hanya memantau dan memonitor. Jika memang ada indikasi terjadi tindakan kekerasan atau penyerangan, tentunya petugas akan dikerahkan untuk melakukan penjagaan," kata Kapolsek Kebayoran Lama, Kompol I Wayan Gede Ardana.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, menilai belum diperlukan penambahan penjagaan dari petugas kepolisian di tempat ibadah milik jamaah Ahmadiyah yang ada di Jakarta.

Namun, petugas akan terus melakukan pemantauan dan mengerahkan satu petugas yang tidak berpakaian seragam di setiap masjid. "Kalau memang diperlukan dan diketahui adanya potensi terjadi tindak kekerasan, tentunya kita akan lakukan penjagaan lebih ketat," tutur dia.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan mengutuk keras tindak kekerasan yang dilakukan ratusan orang yang menyerang warga Ahmadiyah di Pandeglang.

Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim menyatakan, aksi kekerasan yang menewaskan tiga warga Ahmadiyah itu dinilai sebagai bentuk pelanggaran HAM berat. (sj)

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali usai bertemu dengan capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Temui Prabowo, Waketum Nasdem Sebut Tak Ada Pembicaraan Politik

Menurut Ahmad Ali, kedatangannya menemui Prabowo tidak mewakili siapapun, termasuk Nasdem.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024