Kronologi Kapal Terbakar di Kepulauan Seribu

KMP Laut Teduh terbakar di Selat Sunda.
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews – Kebakaran armada kapal roro Silvia yang terjadi dini hari tadi, Selasa, 8 Februari 2011, pukul 03.30 WIB, diduga karena ada kebocoran bahan bakar di kamar mesin.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Direktorat Polisi Perairan Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Edion, kepada VIVAnews.com.

Lebih lanjut, Edion menjelaskan bagaimana kronologi peristiwa yang menimpa kapal bermuatan 260 penumpang dan 40 kendaraan itu. Kapal yang melayani rute Jakarta-Bangka Belitung ini tadinya berangkat dari Jakarta sekitar pukul 24.00 WIB.

Saat kapal bertolak dari dermaga, awak kapal tak menemukan tanda-tanda adanya gangguan pada mesin. Namun, sesampai di sekitar Pulau Damar, kata Edion, awak menemukan adanya kepulan asap dari bagian kamar mesin.

Begitu menyadari adanya asap, katanya, awak kapal langsung melakukan upaya pemadaman. Tapi, ternyata awak kapal kewalahan sehingga mereka meminta kepada pihak otoritas keamanan laut. “Sebanyak lima belas kapal dikerahkan,” kata Edion.

Kebakaran ini pun membikin ratusan penumpang panik luar biasa. Edion mengatakan kapal-kapal yang dikerahkan pihak otoritas keamanan laut itu juga digunakan untuk menyelamatkan mereka secara bertahap.

“Api berhasil dipadamkan jam 05.10 WIB. Semua penumpang selamat,” katanya.

Selanjutnya, kasus ini ditangani Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, bukan Polri. Pasalnya, peristiwa itu tak sampai memakan korban jiwa.

“Karena kasus ini hanya menyebabkan kerugian material. Kecuali kalau sampai jatuh korban jiwa, barulah masuk penanganan kepolisian,” katanya. Laporan : Arnes Ritonga | Jakarta Utara (adi)

Chandrika Chika Terjerat Narkoba, Alasannya Mengejutkan: Bukan Doping, Tapi Pergaulan
Ilustrasi mengemudi mobil di tengah hujan

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Berita tentang geger seorang wanita dilarang naik kendaraan online gegara bernama ini hingga komika usir ibu menyusui menjadi terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id. 

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024