Bea Cukai Tangkap Pemalsu Cukai Rokok

Cukai Palsu
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews- Aparat Bea Cukai mengamankan 1,309 juta keping pita cukai palsu yang diperkirakan bernilai Rp4,14 miliar. Pelaku merupakan ahli dalam pembuatan pita cukai. Mereka sudah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang.

Kawanan ini bisa dibekuk setelah semenjak awal Februari 2011 aparat melakukan pengintaian. Selain menangkap para tersangka, aparat bea cukai juga  menyita mesin cetak, yang digunakan kawanan ini untuk mencetak pita cukai palsu, 2 unit mesin poly hologram dan peralatan pendukung untuk desan hologram dan pita cukai.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

"Kami tidak hanya menemukan pita cukai, tapi juga menangkap produsennya," ujar Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Thomas Sugijata di Jakarta, Kamis, 17 Februari 2011.

Para pelaku ditangkap di Kebon Kosong, Kemayoran dan Pademangan. Aparat telah menetapkan tiga orang tersangka berinisial ARC, SRM, dan HNR yang kini masuk Rumah Tahanan Kantor Pusat DJBC Jakarta. ARC diperkirakan ahli dalam pembuatan pita cukai termasuk pembuatan hologramnya.

Tersangka ARC juga selama ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pada kasus yang sama sejak tahun 2007. Diperkirakan selama 3 tahun beroperasi ARC telah merugikan keuangan negara sebesar lebih dari Rp576 miliar.

Selama ini, para pemalsu cukai ini menjalankan operasinya dengan cara
berpindah tempat setiap 2-3 bulan sekali untuk menghindari pemantauan petugas. Bahkan terakhir, kelompok ini melakukan kamuflase dengan menjadikan tempat operasi mereka sebagai kantor pengacara.

Dengan aksinya tersebut, aparat bakal menjerat para pelaku dengan
pasal 55 huruf b UU nomor 39 tahun 2007 tentang cukai. Ancaman bagi
pelaku adalah hukuman pidana penjara antara 1-8 tahun dan pidana denda antara 10-20 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Bea Cukai memperkirakan dalam setiap bulan rata-rata para pelaku
memproduksi 5,6 juta keping pita cukai palsu dengan potensi kerugian
negara lebih dari Rp16 miliar.

Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024