Kinerja Buruk, Demokrat Tinggalkan Fauzi Bowo

Fauzi Bowo
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Meski pelaksanaan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta masih tahun depan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat telah memberikan pernyataan sikapnya terkait calon yang hendak diusungnya. Secara gamblang, DPD Demokrat DKI Jakarta menyatakan tidak akan mendukung Fauzi Bowo pada pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 2012 mendatang.

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Irfan Gani, Foke, begitu sebutan Fauzi Bowo dinilai sudah tidak layak didukung karena kinerjanya yang dinilai buruk selama memimpin Provinsi DKI Jakarta.

"Ada kekacauan. Pertama, janji dari ahli untuk bangun Jakarta saya pikir nol besar, karena branding yang dikemas bersama itu tidak terealisir sama sekali hingga sekarang," ujar Irfan saat hadir dalam diskusi "Jakarta 2012, Pilih yang Ahli atau Berani?" di Jakarta Media Center, Jakarta, Senin 21 Februari 2011.

Selain itu, DPD Partai Demokrat melihat Foke selama empat tahun belakangan ini tidak dapat menunjukkan nilai leadership sebagai top executive di Jakarta. Alasan ini yang kemudian menurut Irfan membuat dukungan berkurang dan lama kelamaan menghilang.

"Kepemimpinan Foke tidak sejalan dengan wakilnya, ini tontonan tidak elok dan tidak etis melihat pemimpinnya berkelahi," ungkapnya.

Melihat kenyataan Jakarta di bawah kepemimpinan Foke seperti sekarang ini, maka dikatakan Irfan pemimpin Jakarta berikutnya harus seseorang yang berani mengambil risiko dan berani mengeluarkan kebijakan yang sekalipun tidak populer.

"Kenapa Foke tidak ambil risiko? Kalau ditanya kenapa mandek, marahnya lebih besar lagi," katanya.

Selain itu, menurut Irfan, Pemda DKI saat ini selalu memiliki alasan yang tidak masuk akal dengan selalu menyalahkan pemerintah pusat yang tidak merestui program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Dari sisi manajemen dan leadership tidak pantas kalau kita kembali mencalonkan Foke kembali," tegasnya.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Sebelumnya, Foke mengaku belum memikirkan akan bertarung lagi atau tidak dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah DKI pada 2012 mendatang. Foke, begitu panggilan akrab Fauzi, agak emosional ditanya soal ini.

"Memang Pilkada tahun berape?!" kata Foke meradang saat ditanya wartawan soal persiapannya maju Pilkada 2012.

Saat memimpin Rapat Kerja Pemerintah dan Gubernur di Istana Bogor, Senin pagi, 21 Februari 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengkritik sejumlah program pembangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan karena tidak disiapkan dengan baik.

Dalam rapat yang membahas khusus tentang Badan Usaha Milik Negara, Presiden SBY mengkritik komitmen pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta yang hingga kini masih mampet. Itu juga disinyalir terjadi di beberapa daerah.

"Saya kenyang dengan banyak sekali komitmen, seperti membangun infrastruktur di DKI. Semuanya pepesan kosong. Transportasi tidak jalan. Barangkali di daerah juga begitu," kata SBY. (adi)

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Skuad Indonesia di Thomas Cup 2024

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

M. Fadil Imran mengatakan partisipasi Indonesia dalam Thomas Cup dan Uber Cup tahun ini menjadi momen penguatan semangat para atlet menjelang Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024