Perampok Rumah Jenderal Purnawirawan Dibekuk

Perampok dengan senjata api
Sumber :
  • ANTARA/ Arief Priyono

VIVAnews - Gerombolan perampok yang melakukan modus pura-pura bertamu di rumah anak BrigadirJenderal Purnawirawan Syahril dibekuk aparat Satuan Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Biasanya mereka beraksi dengan berpura-pura bertamu ke rumah korbannya," kata Kepala Unit II Satuan Kejahatan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Audie Latuheru, Selasa 22 Februari 2011.

Dia mengatakan, ada enam tersangka yang dibekuk. Mereka masing-masing berinisial Ha (47), Ba alias Edi (47), Sy (53), MY (47), TB (52) dan Ba (37). Keenamnya ditangkap di kawasan Jakarta, kemarin. Ia menuturkan para pelaku kerap melakukan aksi pencurian di rumah-rumah pejabat dan rumah mewah lainnya.

Tersangka terakhir kali beraksi di rumah anak dari Brigjen (Purn) Syahril di Villa Cibubur Indah Blok V2/4, Jakarta Timur pada Rabu, 19 Januari 2011. Di situ, pelaku membawa kabur sejumlah perhiasan emas dan berlian, uang tunai Rp 3 juta dan handphone blackberry.

Pelaku yang sudah lebih dulu mensurvei rumah sasaran, kemudian mendatangi rumah mewah yang hanya ditinggali oleh pembantunya itu. Di saat pemilik rumah pergi, para perampok mengetuk pintu rumah sasaran. "Kemudian berpura-pura mengaku dari kontraktor atau petugas PLN dan lain-lain," kata dia.

Dua pelaku berusaha mengalihkan perhatian pembantu, sementara dua lainnya masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel kaca jendela. Untuk meyakinkan pembantu, pelaku kemudian berpura-pura menelepon pemilik rumah dengan maksud agar pembantu mempersilakan pelaku masuk.

Setelah masuk, pelaku kemudian mengambil barang-barang di rumah korban. Di luar, dua pelaku sudah menunggu sambil mengamati situasi. Para pelaku beraksi dengan menggunakan sepeda motor.

Dari para pelaku, polisi menyita 4 buah motor, kunci obeng dan handphone. Polisi kini tengah mengejar penadah barang curian. Polisi mengimbau masyarakat yang pernah menjadi korban pencurian dengan modus seperti itu diimbau untuk melapor ke Polda Metro Jaya, atau menghubungi call center di nomor 0816851777.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...
Jusuf Kalla di Jakarta Selatan

Jusuf Kalla Puji Cara Prabowo Subianto Rangkul Lawan Politiknya

Jusuf Kalla, memuji langkah dari Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto, yang merangkul lawan politiknya. Menurutnya, Indonesia terlalu besar jika dijalankan sendirian.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024