Fun Bike VIVAnews Diikuti 1.700 Peserta

Car Free Day
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

VIVAnews - Permerintah Provinsi DKI Jakarta kembali melaksanakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan Sudirman dan Thamrin, pada Minggu 27 Februari 2011 besok.

Pelaksanaan Car Free Daya dilakukan untuk pemulihan kualitas udara dan ekosistem yang ada, guna melakukan pemulihan, sesuai dengan amanat Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.
 
Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan angkutan umum atau angkutan ramah lingkungan seperti sepeda.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor akan dilakukan mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Penutupan jalan akan dilakukan mulai Patung Arjuna, Jalan Thamrin sampai Patung Pemuda Jalan Sudirman.

Sederetan acara akan diselenggarakan dalam Car Free Day, antara lain fun bike yang diselenggarakan VIVAnews.com, yang melibatkan 1.700 peserta.

Kegiatan dengan tajuk "Go Online, Go Green, Gowes" akan disemarakkan grup band "Alexa" dan komunitas sepeda dari berbagai daerah di Jabodetabek. Dalam kegiatan itu, ada pula kegiatan jalan sehat, cek kesehatan gratis, pemasangan bike line, senam, BMX Free style, Fun Walk, pameran, dan panggung hiburan.

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Para sponsor yang mendukung acara tersebut adalah: IM2, Top 1, Green Sands, Jointfit, Adidas, Bank BJB, Bank BTPN, Bank BRI, Bank Mandiri, 3M, Badan Standarisasi Nasional, Kentucky Fried Chicken, Aqua, Sunglass Planet, Polygon, Optic Seis, Watch Studio, Kalbe Nutritionals, JNE, Indofood, Nestea, Indovision, dan Bakrieland.

Dengan pelaksanaan HBKB, terbukti telah meningkatkan kualitas udara Jakarta dan juga terjadi peningkatan peran serta masyarakat yang menggunakan kegiatan ini sebagai wadah interaksi, sosialisasi, olah raga, dan rekreasi.
 
Selama pelaksanaan Car Free Day 2010, dinilai membuat efektif dalam upaya pemulihan mutu udara di kawasan tertentu, hal ini terlihat dari persentase penurunan konsentrasi pencemar udara.

Guna menghindari kemacetan pada pelaksanaan HBKB Rutin Sudirman-Thamrin,  masyarakat diimbau untuk berpartisipasi dengan tidak menggunakan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan angkutan umum atau kendaraan ramah lingkungan selama pelaksanaan Car Free Day.

Hal tersebut juga diharapkan menjadi suatu kebiasaan dalam keseharian masyarakat sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam rangka pengendalian pencemaran udara dan hal tersebut diharapkan juga menjadi salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta.

Ekspresi ibunda Chandrika Chika jadi sorotan netizen usai putrinya ditangkap

Netizen Soroti Ekspresi Ibu Chandrika Chika Usai Putrinya Ditangkap Narkoba: Bahagia Banget

Kasus penangkapan Chandrika Chika yang kini jadi tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba menjadi pembicaraan di dunia jagat maya. Ekspresi sang ibu juga disorot.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024