DKI Segera Bangun Flyover Busway

Maket jalan layang Blok M - Cipete
Sumber :
  • Dokumen Dinas PU DKI

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta mendukung rencana pemerintah pusat untuk membangun jalan layang khusus bus TransJakarta.  Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, rencana Kementerian Perhubungan diharapkan bisa mengatasi masalah kemacetan Jakarta dan daerah perbatasan.

"Dengan jalur sendiri, diharapkan bisa mengurangi beban jalan," kata Pristono di Jakarta, Selasa 8 Maret 2011. Pemerintah DKI mengusulkan untuk memanfaatkan bekas tiang pancang monorel yang mangkrak.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso, ide pembangunan jalan layang khusus busway untuk mengatasi kemacetan di jalan nasional pada kawasan Bogor-Tangerang-Bekasi tujuan Jakarta.

Untuk langkah awal akan dibangun di Jalan Raya Bogor, Jalan Raya Bekasi, Jalan Raya Ciputat, dan Jalan Raya Daan Mogot. Pembangunan jalan ini segera dibahas bersama dengan Pemerintah Provinsi di Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Jalur layang khusus itu direncanakan digunakan untuk bus Transjakarta koridor XIII, XIV dan XV. Pembahasan akan dilakukan setelah koridor XI dan XII pada diresmikan sekitar 2012. "Setelah itu kami akan merumuskan langkah untuk membangun jalan layang busway," ungkapnya.

Menurut Suroyo, apabila tidak ada  halangan proyek ini akan memasuki pembahasan lebih rinci yang dilanjutkan dengan pembangunan pada tahun 2013. Sedangkan untuk infrastruktur dan masterplan saat ini sedang disusun.

Terkait dengan masalah pembiayaan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) DKI Jakarta, Sarwo Handayani mengatakan, belum bisa memperkirakannya. Namun untuk sumber pendanaan, sebagian besar akan ditanggung anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). (adi)

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Sekretaris Jenderal PKS hadir dalam pengumuman KPU kepada presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran. Ia turut mengucapkan selamat kepada KPU.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024