Warga DKI Bisa Bayar STNK di Banten

Samsat Drive Thru
Sumber :
  • VIVAnews/ Sandi Adam Mahaputra

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten berencana menerapkan pembayaran pajak kendaraan bersama dengan sistem online pada April 2011.

"Saat ini masih dalam pembahasan secara teknis. Jika tidak ada kendala dan ketiga pemerintah daerah sudah menyetujui rencana ini, mudah-mudahan awal April sudah bisa disosialisasikan ke masyarakat," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Royke Lumowa kepada VIVAnews.com.

Dia menuturkan, pembayaran pajak kendaraan bersama ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang hendak mengurus pajak kendaraan yang masih tercatat dalam lingkungan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

"Misalnya warga Jawa Barat yang bekerja di Jakarta, dapat mengurus pajak di DKI. Demikian sebaliknya, warga DKI bisa bayar pajak di Jawa Barat maupun Banten," ungkap dia.

Menurut Royke, jika sistem ini sudah dilakukan, maka diperlukan waktu sosialisasi selama tiga bulan. "Sosialisasi tidak perlu waktu lama, karena ini kan pelayanan. Beda jika kami melakukan penindakan," tegasnya.

Nantinya, masih kata Royke, pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan di gerai Drive Thru. Pembayaran secara otomatis langsung online ke Samsat dimana si pembayar yang bersangkutan menetap.

Saat ini, ungkapnya, sarana peralatan dan jaringan sistem online sudah tersedia. Sosialisasi juga dilakukan untuk mencoba penerapan jaringan koneksitas berbasis online itu.

Namun kata Royke tidak semua wilayah dilayani layanan pajak dengan satu sistem jaringan online. Layanan pajak ini hanya yang masih berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Di Provinsi Banten hanya meliputi Serpong, Ciledug, Cikokol, Balaraja, dan Ciputat. Wilayah Provinsi DKI Jakarta meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Sedangkan Provinsi Jawa Barat hanya meliputi Cinere, Depok, Bekasi Kota dan Bekasi Kabupaten.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024