Rajin Donor Darah Bisa Berobat Gratis

VIVAnews - Palang Merah Indonesia (PMI) akan memberikan pengobatan gratis bagi sukarelawan donor darah. Syarat minimal pernah 75 kali mendonorkan darahnya.

Demikian disampaikan Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso saat meninjau aksi donor darah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 10 Oktober 2008.

Pengobatan gratis di rumah sakit itu diberikan sebagai bentuk apresiasi PMI. Juga untuk meningkatkan animo masyarakat untuk donor darah. Pengobatan gratis diberikan dengan pelayanan kelas III di rumah sakit tertentu.

Selama ini, kata Rini, PMI seringkali kewalahan memenuhi permintaan darah warga Jakarta. Dalam sehari dibutuhkan sedikitnya 800-1.000 kantong darah.

Tak heran jika setiap hari PMI berburu sukarelawan donor darah. "Karena darah juga tidak bisa disimpan lama. Paling hanya tahan 3-4 hari penyimpanan," kata Rini.

Sistem jemput bola juga dilakukan PMI Jakarta. Bekerja sama dengan sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta, PMI rutin memfasilitasi aksi donor darah. Di antaranya di Mal Puri Indah, Senayan City, Roxy Mas, dan Mal Kelapa Gading.

Aksi donor darah di Balai Kota atas inisiatif Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto untuk menambal stok darah PMI usai Lebaran. Aksi diikuti sejumlah pegawai di lingkungan Balai Kota. "Saya nggak donor dulu lagi nggak enak badan. Masih minum obat saya," ujar Prijanto.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon
Ilustrasi depresi

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasanya kita gemari.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024