Penggelapan Biji Plastik Rp400 Juta Terungkap

Truk Hino
Sumber :
  • www.iklanmax.com

VIVAnews - Aparat Satuan Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengamankan tiga sopir truk, yang diduga menggelapkan 24 ton biji plastik senilai Rp400 juta.

Penangkapan berlangsung di Jalan Raya Serang, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Selasa 8 Maret 2011. "Kami juga menangkap dua orang penadah," ujar Kasat Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Nico Afinta.

Nico mengatakan, biji besi itu milik PT Mustika Alam Lestari yang berlokasi di Jalan Bitung Ujung No 1, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ketiga sopir itu mendapat tugas mengirimnya ke Karawang, Jawa Barat. "Namun, truk tersebut kemudian dibelokkan (ke kawasan penangkapan)," ujarnya.

Penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang curiga melihat masuknya truk kontainer ke sebuah lahan kosong. "Ternyata saat petugas datang ke lokasi untuk memeriksa, para pelaku sedang membongkar muatan," ujarnya.

Tim kemudian melakukan penangkapan. Mereka juga mengamankan barang bukti berupa dua truk kecil dan satu truk kontainer berisi 990 karung biji plastik seberat 24 ton.

Berdasar pemeriksaan, para tersangka mendapat imbalan Rp100 juta dari penadah. "Uang itu rencananya akan mereka bagi-bagi," katanya. Atas perbuatannya, para pelaku terancam hukuman pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan Pasal 480 KUHP tentang Penadahan.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem
Xiaomi, Redmi Pad Pro 2024

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Redmi Pad Pro menawarkan layar besar 12,1 inci dengan refresh rate 120Hz, performa tangguh dari Snapdragon 7s Gen 2, dan baterai 10.000 mAh yang tahan lama hingga berjam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024