MRT Jakarta Akan Beroperasi Pukul 05.00-24.00

Subway, salah satu moda angkutan MRT
Sumber :
  • subway.com

VIVAnews - Jam operasi mass rapid transit (MRT) di Jakarta akan lebih lama dari bus TransJakarta. Jika TransJakarta beroperasi dari pukul 05.00- 22.00 WIB, maka MRT akan lebih lama dua jam.

Berdasarkan dokumen konsep dasar MRT yang didapatkan VIVAnews.com, operasional kereta akan dimulai pukul 05.00-24.00 WIB. Disebutkan juga pada jam sibuk yakni pukul 05.30-09.00 dan 16.30-18.30 WIB jarak kedatangan kereta dengan kereta lainnya sekitar lima menit.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"Di luar jam sibuk sekitar 10 menit," kata kata Presiden Direktur MRT Jakarta Tribudi Rahardjo kepada VIVAnews.com. Dokumen konsep dasar dikeluarkan oleh PT MRT Jakarta.

Untuk toleransi keterlambatan MRT hanya sekitar 20 detik. Ketepatan waktu ini bisa dijaga karena semua operasionalnya menggunakan teknologi canggih. Semua sistem operasi akan dikendalikan melalui Operation Control Center (OCC) yang akan ditempatkan di Lebakbulus.

Selain itu, desain kereta yang digunakan juga bisa mencapai kecepatan maksimum 110 kilometer per jam. Sedangkan di rel subway atau bawah tanah sekitar 80 kilometer per jam. "Namun untuk komersialnya kami hanya mematok 31 kilometer per jam," kata Tribudi.

Tribudi mengatakan, meski dengan kecepatan rendah seperti itu jarak tempuh dari Lebakbulus menuju Dukuh Atas yang biasanya dari ditempuh 1,5 jam dengan menggunakan mobil, akan lebih cepat menjadi 28 menit.

Dia menyebutkan nantinya akan ada 17 rangkaian kereta. Satu rangkaian akan memiliki enam gerbong. "Satu gerbong bisa menampung 250 orang. Jadi sekali tarik bisa mengangkut 1.500 orang," katanya.

Bahkan, kata Tribudi, pada jam sibuk bisa mengangkut 54 ribu penumpang. "Dan per hari MRT bisa mengangkut 350 ribu penumpang," katanya.

Nantinya, MRT akan memiliki 13 stasiun untuk pembangunan tahap pertama yakni rute Lebakbulus - Bundaran HI. Sebanyak 7 stasiun berada di permukaan tanah yakni Lebakbulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja.

Sisanya 6 stasiun di bawah tanah atau subway terletak di Masjid Al-Azhar, Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI.

Pembangunan jaringan MRT di Jakarta terbagi menjadi dua koridor, yakni koridor satu dengan jalur Utara-Selatan, terbentang mulai dari Lebakbulus hingga Kampung Bandan. Lalu, koridor dua dengan jalur Timur ke Barat, terbentang mulai dari Balaraja hingga Cikarang. (umi)

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024