Pengirim Bom ke Japto Bernama Busro Jahul

Buku yang berisi bom di Utan Kayu
Sumber :
  • tvone

VIVAnews - Pengirim paket bom buku ke rumah Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Suryasumarno di kawasan Jalan manggis 12A, Ciganjur, Jakarta Selatan, tercatat bernama Busro Jahul yang beralamat di Jalan Cikaracak, Gg Melati 29., Jasinga Bogor, Jawa Barat.

Humas Polda Metro Jaya, Baharudin Djafar, membeberkan bahwa bom di rumah Japto dibawa oleh seseorang yang  bernama Busro Jahul, menumpang sepeda motor. Bom ditaruh dalam buku dan dikemas dalam amplop besar. Dia tiba di rumah Japto pukul dua siang, Selasa 15 Maret 2011, pukul dua siang.

Petugas keamanan di rumah Yapto, yang bernama Alfiyerdi (44), langsung mengantarkan paket itu ke rumah Japto lainnya yang berada di Jalan Benda RT 10 RW 01 No 8, Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Alfiyerdi meletakkan peket itu di dalam kamar Japto," ujarnya Baharudin, Kamis 17 Maret 2011.

Ketika sampai di rumahnya pukul 19.00, Yapto yang curiga dengan paket itu menghubungi Komisaris Besar Rudi dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Tim Gegana pun segera datang ke rumah Japto untuk menangani paket itu.

"Waktu Japto pulang, orang rumahnya memberi tahu ada kiriman paket, karena dia sudah lihat berita soal bom, dia langsung telepon polisi," kata Baharudin.

Sekitar pukul 21.45 WIB, bom berhasil dijinakan dengan cara diledakan tim gegana. "Jadi kita juga belum membaca secara detail judul buku tersebut, karena langsung dijinakan," ujarnya.

Bom yang dikirim ke Japto diduga sama dengan paket bom yang ditujukan ke aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla di Komunitas Utan Kayu, Jakarta Timur dan Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Jakarta Timur.

Tak seperti bom di Utan Kayu, yang melukai tiga  orang termasuk memutuskan tangan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Timur Komisaris Polisi Dodi Rahmawan. Akhirnya bom di rumah Japto diledakkan tim Gegana tanpa menimbulkan korban.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024