DKI Ganti Rugi Mobil Tertimpa Pohon Rp10 Juta

Pohon Tumbang Gondangdia Timpa Mobil Box
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menerima 14 laporan mengenai kerusakan kendaraan milik warga akibat tertimpa pohon tumbang, saat hujan bandai menerjang pada Rabu sore, 16 Maret 2011 kemarin.

Akibat curah hujan tinggi itu, ada 38 pohon tumbang di wilayah Jakarta Selatan, dan 75 pohon sempal. Ada tiga pohon tumbang di Jakarta Pusat, dan 50 pohon di Jakarta Barat.

"Ada 12 mobil di Jakarta Selatan dan dua mobil di Jakarta Pusat, satu motor dan rumah tertimpa pohon tumbang. Akan mengganti kerugiannya per obyek maksimal Rp10 juta," ujar Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Chatarina Suryowaty, di kantornya, Kamis 17 Maret 2011.

Chatarina menjelaskan, laporan mengenai kerusakan akibat pohon tumbang maksimal dua bulan terhitung mulai hari ini. Persyaratan penggantian akan diurus Dinas Pertamanan dan Pemakaman melalui asuransi. "Silakan bagi para korban datang melaporkan kepada kami dengan membawa identitas diri, surat keterangan dari kepolisian bagi kendaraan dan surat keterangan kelurahan setempat untuk rumah," paparnya.

Penggantian kerugian sudah diatur pihak asuransi sehingga jumlahnya tidak bisa lebih dari batas yang telah ditentukan. Dia pun mengaku siap apabila masyarakat melakukan class action akibat ketidakpuasan atas penggantian tersebut. "Itu hak setiap orang, ketentuan itu sudah mengikat sesuai kerjasama kami dengan pihak asuransi. Penentu besaran asuransi dan maksimal hanya Rp10 juta, jika lebih dari itu tidak mungkin," tegasnya.

Menurut Chatarina, mayoritas pohon yang ada di Jakarta berjenis angsana, yakni sekitar 54 persen. Pohon jenis ini dikenal memiliki kecepatan pertumbuhan yang tinggi tapi sangat rentan kekuatannya. Sedangkan, untuk pohon yang sudah besar dan sudah berusia tua tidak mungkin ditebang karena sesuai peraturan harus mendapat izin dari Gubernur DKI. (adi)

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024