DKI Akan Tambah Angkutan Malam Hari

Fauzi Bowo (kiri) bersama Marzuki Alie di atas TransJakarta (busway)
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Melihat kebutuhan masyarakat akan angkutan malam hari (Amari) yang cukup tinggi, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan meningkatkan pelayanan dan menambah armada bus malam.

"Bukan hanya memperpanjang layanan koridor busway, kita juga perlu menyelesaikan after midnight dengan Amari yang sedang distruktur dan dikembangkan," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Balaikota DKI Jakarta, Senin 21 Maret 2011.

Menurut Foke, agar berjalan dengan baik, Amari akan diberikan rute yang jelas. Untuk jalur busway koridor IX, penumpang terbanyak terdapat di kawasan Cawang-Grogol dan sebaliknya. Karena itu baik busway malam maupun Amari akan dimaksimalkan pada jalur tersebut.

"Penumpang yang ke Pluit itu sedikit, maka Koridor IX kita batasi, hanya Cawang-Grogol," ungkapnya.

Sedangkan, untuk busway malam di koridor IX, hingga satu bulan ke depan masih dilakukan tahap uji coba dan setelah itu baru akan dievaluasi.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, sebanyak 180 bus reguler dari sembilan trayek yang dihapuskan dialihkan untuk menambah layanan bus reguler yang trayeknya masih diizinkan beroperasi di koridor tersebut pada malam hari.

"Sebanyak 65 bus PPD dan 115 bus Mayasari Bakti menjadi Amari. 65 Bus Mayasari Bakti ini dialihkan ke Patas 49 Kalideres-Bekasi sebanyak 17 bus, Patas 18 Blok M-Kalideres sebanyak 15 bus, Patas AC81 Kalideres-Depok sebanyak 21 bus dan Patas 50 Kampung Melayu-Kalideres sebanyak 12 bus," papar Pristono.

Sedangkan, 115 bus reguler PPD yang akan dialihkan ke trayek yang masih beroperasi, adalah Patas 41 Terminal Kampung Rambutan-Harmoni sebanyak 25 bus, Patas 45 Terminal Blok M-Cimone sebanyak 25 bus, Patas 54 Depok-Grogol sebanyak 20 bus, PPD 45 Cililitan-Blok M sebanyak 15 bus dan PPD 213 Grogol-Kampung Melayu sebanyak 30 bus. (umi)

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024
Ilustrasi laboratorium.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Pameran teknologi dan peralatan laboratorium terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya di Indonesia, Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024