1 April, Tidak Ada Lagi Kereta Ekspres

KRL Jabotabek
Sumber :
  • VIVANews/ Anhari Lubis

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia memberlakukan aturan, seluruh rangkaian kereta Jabodetabek berhenti di semua stasiun. Kebijakan ini berlaku mulai 1 April 2011.

Mobil Gran Max Langsung Terbakar saat Kecelakaan Maut di Km 58, Ada 3 Unsur Penyebabnya

Aturan ini juga berlaku untuk kereta ekspres, yang memiliki waktu perjalanan lebih singkat karena hanya berhenti di beberapa stasiun.

Menurut Kepala Humas DAOP 1 PT KAI, Mateta Rizalulhaq, kebijakan tersebut diambil agar seluruh penumpang dapat terangkut. Selama ini kereta ekspres memang selalu mendapat prioritas jalan, walaupun minim penumpang.

"Juga untuk mengurangi penumpukan penumpang di satu titik, hingga membuat angka kriminal tinggi," kata Mateta saat dihubungi VIVAnews, Senin 28 Maret 2011.

Dengan begitu, nanti akan ada penambahan waktu perjalanan untuk kereta ekspres, yang nantinya berubah nama menjadi Commuter Line.

Dengan kebijkan ini, nantinya kereta Pakuan Bogor akan menambah waktu perjalanan sekitar 26 menit. Jika sebelumnya 55 menit, maka akan menjadi 81 menit. Bekasi Ekspres dari sebelumnya 35 menit, nanti menjadi 45 menit. Sedangkan Benteng Ekspres yang sebelumnya menempuh 45 menit menjadi 55 menit.

Sementara itu, untuk penetapan perubahan tarif serta perubahan jadwal masih menungggu keputusan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. "Tarifnya bisa berkurang, karena sekarang berhenti di semua stasiun, perkiraan sekitar Rp7.000,” tambah Mateta.

Sementara itu, Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran mengatakan, mekanisme seperti ini diambil untuk memenuhi target mengangkut 1,2 juta penumpang pada 2014. Nantinya juga akan ada penambahan KRL sebanyak 3 kali lipat dari jumlah yang ada sekarang.

Kereta tersebut akan ditambahkan di waktu kosong, karena tidak ada lagi kereta yang mendapat prioritas jalan. "Waktu kedatangan kereta pun menjadi lebih pendek, sehingga kereta tidak terlalu sesak," jelas Makmur. (umi)

Defender Gallery Senayan City

Land Rover Indonesia Hadirkan Defender Gallery di Senayan City

Land Rover Indonesia, di bawah naungan Inchcape Indonesia, resmi membuka pop-up store "Defender Gallery" terbarunya di Senayan City, Ground Floor. Defender Gallery ini ak

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024