Busway Koridor XI Dibangun Juli 2011

Bus Transjakarta
Sumber :
  • jakarta.go,id

VIVAnews - Jalur busway koridor XI rute Kampung Melayu-Pulogebang beserta kelengkapannya mulai dibangun Juli 2011. Proyek ini ditargetkan selesai Desember 2011.

Sebelum pembangunan dimulai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan studi analisis dampak lingkungan (Amdal) yang akan dilakukan April hingga Juli 2011. Panjang rute yang akan dibangun20,5 kilometer. Sedangkan lebar koridor, 3,64 meter.

Menurut Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benhard Hutajulu, sepanjang koridor XI ini nantinya akan dibangun 19 halte.

"Halte-halte itu terdiri dari 18 halte baru dan satu halte renovasi, dengan dua halte transfer yakni di flyover dengan koridor Tanjung Priok-Cililitan dan halte Pasar Jatinegara dengan koridor Ancol-Kampung Melayu," ujar Benhard dalam acara sosialisasi busway koridor IX di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2011.

Diakui Benhard ada beberapa kendala dalam hal rekayasa lalu lintas, salah satunya berada di simpang Pasar Jatinegara. Sebab simpang ini merupakan persilangan antara busway Koridor XI yang akan masuk ke jalur dengan arus lalulintas dari arah Matraman Raya yang menuju Jatinegara Timur.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

"Dinas Perhubungan telah menempatkan konsep manajemen dan rekayasa lalulintas selama pembangunan koridor XI dilakukan," terangnya.

Konsep itu dipaparkan Benhard. Pertama adalah menentukan rute alternatif pergerakan lalulintas yang paralel dengan koridor Pulogebang-Kampung Melayu yaitu ruas selatan (Pondok Kopi-Jalan RS Soekamto-Jalan Soegiono-Jalan Basuki Rachmat-Kampung Melayu). Tidak menutup kemungkinan untuk paralel Utara (Jalan Jatinegara Kaum-Jalan Cipinang Baru Utara-Jalan Cipinang Baru Timur-Jalan Persahabatan Utara).

Kedua, peningkatan kapasitas jalan, pemeliharaan perbaikan serta pengaturan kembali jalur jalan baik yang paralel selatan dan ruas-ruas jalan yang memotong jalur busway.

Ketiga, menertibkan dan menata parkir on-street dengan memberikan rambu larangan parkir pada ruas Jalan Bekasi Barat (seberang Stasiun Jatinegara, Jatinegara Timur dan sekitar Pasar Jatinegara).

Dan terakhir menertibkan pedagang kaki lima di sekitar Jalan Bekasi Barat (seberang Stasiun Jatinegara, Jatinegara Timur dan sekitar Pasar Jatinegara). (umi)

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024