TransJakarta Malam Diterapkan di Koridor I

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Penumpang busway malam yang beroperasi hingga pukul 23.00 WIB pada koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) telah memenuhi target.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, hingga Selasa, 29 Maret 2011 sudah mencapai angka 762 penumpang. Angka ini sudah mencapai target Dinas Perhubungan DKI yakni sebanyak 700 penumpang.

"Saya juga memprediksi jumlah penumpang akan meningkat dari 700 mencapai 1.000 orang,” kata Pristono saat dihubungi, Kamis malam.

Setelah di koridor IX, rencananya penerapan busway malam juga akan dilakukan di koridor lain, seperti di koridor I (Blok M-Kota). Alasannya, menurut Pristono, koridor itu memiliki jumlah penumpang yang cukup banyak, namun hal ini belum diputuskan secara resmi. “Karena untuk memfungsikan TransJakarta malam hari memiliki konsekuensi pada anggaran,” ungkapnya.

Rencananya, uji coba busway malam ini akan dilakukan sekitar satu bulan. Namun, Dishub tak menutup kemungkinan mengevaluasi lebih awal jika ada perkembangan lain. “Bisa saja, jika animo masyarakat tinggi jumlah koridor busway yang beroperasi hingga malam bisa bertambah atau durasinya ditambah lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Manajer Operasional BLU Transjakarta, Susilo Dewanto, mengatakan, menurut data yang diperoleh BLU tercatat penumpang terbanyak untuk busway malam adalah pada Jumat, 25 Maret 2011. "Jumlah penumpang tertinggi mencapai 875 orang," terangnya.

BLU pun mencatat lebih banyak penumpang yang naik busway larut malam ke arah Cililitan (Pluit - Pinang ranti) dibandingkan ke arah Pluit (Pinang ranti - Pluit). Sedangkan dilihat dari halte busway, banyak penumpang yang naik dari Halte Central Park, Tomang dan Halte Semanggi.

Meski makin diminati, BLU belum akan menambah operasional busway larut malam pada koridor-koridor lainnya.

"Kita melakukan evaluasi tiap hari, akan tetapi masih terlalu dini untuk dievaluasi apakah akan menambah operasional busway larut malam pada koridor lain, setelah 2-3 bulan baru akan terlihat seberapa besar pola perubahan karena masyarakat tidak akan segera mengubah pola perjalanan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, TransJakarta koridor IX ditambah jam operasionalnya hingga pukul 23.00. Dari 25 halte yang ada, hanya 14 halte yang dioperasikan, yakni halte Cililitan/PGC2, Cawang UKI, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Jamsostek Gatot Subroto, Semanggi, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Tomang Central Park, Grogol 2, Penjaringan, dan Pluit.

Sebanyak 12 bus beroperasi, masing-masing rute Pinang Ranti-Pluit sebanyak enam bus, dan rute sebaliknya pun enam bus. Halte yang dioperasikan hanya 14 halte dari 25 halte yang ada. (umi)

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024