Penghapusan KRL Ekspres Ditunda Tiga Bulan

KRL Jabotabek
Sumber :
  • VIVANews/ Anhari Lubis

VIVAnews - Pelaksanaan single operation bagi kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek ditunda hingga tiga bulan. Penundaan ini menurut PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mempertimbangkan masukan dari pelanggan dan pemerintah bahwa mekanisme ini membutuhkan waktu lebih lama agar dipahami masyarakat.

"Dengan berhentinya semua KRL di seluruh stasiun maka diharapkan distribusi pelayanan kepada penumpang di seluruh stasiun menjadi lebih merata," ujar Direktur Operasi PT KAI Hendri Anom, dalam konferensi pers di kantor PT KAI, Jakarta, Kamis 31 Maret 2011.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Pusat, Sugeng Triyono, memastikan tidak ada kenaikan tarif meskipun kebijakan single operation ini ditunda.

"Tidak ada kenaikan tarif untuk kelas komersial, malah turun. Tanggal 1 April ini untuk kelas AC ada beberapa yang turun, kira-kira 15 persen," ungkapnya.

Seperti diketahui, kebijakan berhentinya semua kereta komuter Jabodetabek dilatarbelakangi target pemerintah kepada operator untuk dapat mengangkut 1,2 juta orang per hari di akhir 2014 dari yang ada sekarang sekitar 400 ribu orang per hari. Kebutuhan akan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai target itu adalah 1.440 unit kereta.

Perubahan perjalanan KRL berhenti setiap stasiun akan diberlakukan pada 1 Juli 2011 pada pukul 00.00 WIB dengan tarif sebagai sebagai berikut.

1. KRL ekonomi tarifnya Rp1.000 hingga Rp2.000 (kecuali ada penyesuaian tarif oleh pemerintah).
2. KRL Commuter Line dengan tarif Rp9.000 untuk Bogor-Jakarta, Rp8.000 untuk Bekasi-Jakarta Kota, dan Rp8.000 untuk Manggarai-Serpong.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

(umi)

The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024