Puluhan Mortir Ditemukan di Kapal Thailand

Tentara Israel pamerkan Mortir 120mm hasil sitaan.
Sumber :
  • AP Photo/Ariel Schalit

VIVAnews - Puluhan buah mortir ditemukan di dalam bangkai kapal kebangsaan Thailand, yang tenggelam di perairan Pantai Mutiara, Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis 31 Maret 2011.

Benda berbahaya itu, ditemukan pertama kali oleh seorang pencari besi tua yang menyelam di lokasi perairan tersebut. Zainal Abidin, warga Dadap Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, melaporkan penemuannya itu ke Polsek Muarabaru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Zainal sempat mengambil dua dari puluhan mortir itu, dari dalam bangkai kapal jenis Long Line tersebut. Benda tersebut berukuran diameter sekitar 10 cm dengan panjang 35 cm.

Dua mortir yang diambil Zainal itu, kini diamankan oleh Tim Gegana dan dievakuasi ke Mako Brimob Depok. Sedangkan puluhan mortir yang berada di lambung bangkai kapal itu, juga dievakuasi oleh petugas Kepolisian Perairan Polda Metro Jaya dan Gegana.

Menurut Kasubag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Iptu Soeharto, data sementara yang berhasil dihimpun jumlah mortir yang berada di bangkai kapal tersebut sebanyak 77 buah.

"2 Buah sudah dibawa ke Mako Broimob, sedangkan 75 mortir masih berada di dalam bangkai kapal," kata Soeharto, Kamis 31 Maret 2011. 

Pihaknya belum bisa memastikan apakah puluhan mortir itu aktif atau tidak. "Kami masih menunggu hasil uji Tim Gegana di Mako Brimob," tandasnya.

Sementara ini, pihaknya baru memeriksa seorang nelayan yang menemukan benda peninggalan tersebut. (Laporan: Arnes Ritonga | Jakarta Utara, umi)

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024