Sehari 500 Pelanggar Kena Tilang Elektronik

Yellow box junction di perempatan lampu merah
Sumber :
  • TMC

VIVAnews - Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya terus  menyosialisasikan sistem electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau sistem tilang elektronik, sambil melakukan penegakkan hukum secara ringan atau berupa teguran bagi pelanggar.

Menurut Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Yakub DK, sosialisasi akan terus dilakukan karena banyak masyarakat yang belum mengetahui pemberlakuan sistem ini.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Dari data yang dimiliki Polda Metro Jaya, setiap hari lebih dari 500 pelanggar yang terkena foto, sejak alat itu mulai dioperasikan pada Februari lalu. Meski tidak terjadi secara signifikan, jumlah pelanggar lalulintas di kawasan Sarinah.

"Ada ribuan pelanggar, setiap hari bisa 500 pelanggar. Kesadaran berlalulintas memang masih kurang. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat," ujarnya.

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

Diharapkan, sosialisasi dengan mengirimkan surat tilang yang dilengkapi dengan foto bukti pelanggaran akan membuat kesadaran masyarakat meningkat.

Secara umum sistem tilang elektronik dapat menindak pelanggar lalulintas dalam jumlah banyak tanpa mengganggu arus kendaraan, dan mengurangi interaksi petugas dengan masyarakat yang memicu terjadinya aksi 'main mata'.

Ada tiga jenis pelanggaran pada sistem tilang elektronik.

1. Pelanggaran stop line. Di lampu merah Sarinah terdapat garis putih memanjang di mana kendaraan harus berada di belakang garis putih solid.

2. Pelanggaran  yellow box. Saat ini yellow box masih diterapkan di Sarinah. Yellow box junction (YBJ) adalah marka jalan berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang berwarna kuning yang tergambar di aspal pada setiap persimpangan jalan.

3. Pelanggaran lampu merah. Jika pengendara menerobos lampu merah, maka akan langsung mencakup tiga pelanggaran. (umi)

Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024