Transjakarta Diswastakan?

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana, mengusulkan pengelolaan angkutan Transjakarta penuh diserahkan kepada pihak swasta. Pasalnya, layanan bus Transjakarta sejauh ini belum maksimal. Saat ini, pengelolaan bus masih di bawah Badan Layanan Umum yang bernaung di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Swastanisasi bus Transjakarta penting untuk pelayanan yang lebih optimal bagi pengguna, baik untuk peningkatan kapasitas angkut, kecepatan dan juga kenyamanan,” kata Triwisaksana, Jumat, 8 April 2011.

Triwisaksana menambahkan Rancangan Peraturan Daerah untuk pembentukan perusahaan swasta pengelola bus Transjakarta, saat ini sudah masuk dalam agenda Badan Legislasi Daerah DPRD DKI Jakarta.

Triwisaksana mengungkapkan, subsidi pemerintah untuk bus Transjakarta ini masih cukup tinggi. Subsidi yang diberikan mencapai Rp3 ribu per orang per kilometer. "Padahal di kota-kota di dunia yang memiliki moda transportasi seperti Transjakarta, sudah tidak lagi disubsidi pemerintah pusat ataupun provinsi,” kata dia.

Dengan dikelola swasta, Triwisaksana menyatakan, memungkinkan penerapan manajemen yang lebih profesional. Selain itu, kata dia, aktivitas bisnis yang tidak terlalu bergantung pada birokrasi pemerintahan, serta orientasi pelayanan konsumen menjadi lebih terukur.

Sejak beroperasi pada 2004, bus Transjakarta sudah melayani 89 juta penumpang, dengan 10 koridor yang ada. Ke 10 koridor yang telah beroperasi yakni, koridor I (Blok M-Kota), koridor II (Pulogadung-Harmoni), koridor III (Harmoni-Kalideres), koridor IV (Pulogadung-Dukuh Atas), koridor V (Kampung Melayu-Ancol), koridor VI (Ragunan-Kuningan), koridor VII Kampung Rambutan-Kampung Melayu), koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni), koridor IX (Pinangranti-Pluit), dan koridor X (Cililitan-Tanjung Priok).

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024