Wagub DKI: Jangan Percaya Calo Soal-Ujian

Ujian Akhir Berstandar Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, berkunjung dan memantau persiapan Ujian Nasional ke beberapa sekolah di Jakarta, Jumat, 15 April 2011. Sekolah pertama yang didatangi Prijanto adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 26, Jakarta Timur.

Dalam inspeksi mendadaknya kali ini Prijanto berpesan kepada para siswa agar tidak mempercayai pihak-pihak yang menawarkan bocoran soal. Pasalnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta sudah mengatur materi ujian akan dibagikan secara acak kepada siswa, yang tentunya tak bisa ditebak paket-soal mana yang akan diterima siswa saat ujian.

"Jangan percaya dengan orang-orang yang mengatakan punya kunci jawaban bocoran soal ujian. Tidak mungkin seseorang atau siapapun bisa memberi kunci jawaban karena dalam kelas ada lima paket soal dan dibagikan secara acak. Harus percaya diri," ujar Prijanto kepada para siswa SMKN 26 Jakarta Timur.

Prijanto memastikan Pemprov DKI telah mempersiapkan secara optimal, baik pengamanan maupun pengawasan soal ujian.

"Naskah master soal ujian nasional itu ada di Dinas Pendidikan DKI, di percetakan sendiri tidak sembarang orang boleh keluar masuk. Tempatnya dibuat sangat steril, jadi akan sulit sekali orang bisa mengambil soal ujian," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Prijanto menerima ungkapan terima kasih dari siswa SMKN 26 Jakarta Timur berupa laptop yang dirakit sendiri oleh siswa. Mantan Aster Kasad ini pun mengaku bangga dengan prestasi yang ditunjukkan siswa sekolah menengah kejuruan yang mampu merakit alat elektronik sendiri.

Siswa SMKN 26 Jakarta Timur yang mengikuti ujian nasional berjumlah 327 orang. Berdasarkan hasil ujian tahun lalu, tingkat kelulusan SMKN 26 sebesar 99 persen atau hanya satu orang tidak lulus. Prijanto mengingatkan agar para siswa lebih serius mengikuti ujian karena tahun ini tidak ada ujian susulan bagi siswa yang tidak lulus.

Prijanto juga dijadwalkan mengunjungi SMP Negeri 74 Jakarta Timur dan pusat percetakan soal Ujian Nasional di Balai Pustaka.

Seperti diketahui, soal Ujian Nasional akan didistribusikan pukul 06.00 WIB pada hari pelaksanaan. Khusus wilayah Kepulauan Seribu, distribusi soal dilakukan pukul 05.00 WIB atau sejam lebih dini dibanding di wilayah daratan ibu kota.

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA dilaksanakan 18-21 April 2011, SMK pada 18- 20 April, SMP pada 25-28 April, dan SD 10-12 Mei mendatang. Sebanyak 122.139 siswa Di DKI Jakarta akan mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA. Rinciannya, SMK 53.937 siswa, Madrasah Aliyah 4.679 siswa, SMK 63.382 siswa, dan SMA Luar Biasa 141 siswa. (kd)

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal
Pose Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Spanyol

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

Kehadiran bayi perempuan bernama Lily dalam lingkungan keluarga Sultan Andara, yang terdiri dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, menarik perhatian publik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024