Shabu Senilai Rp36 M Disembunyikan di Sofa

Polisi Sita Sabu 700 Gram di Apartemen Pasadenia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -- Direktorat Jenderal Bea Cukai Jakarta menangkap dua penyelundup shabu seberat 17 kilogram senilai Rp36 miliar. Kali ini, barang haram itu disembunyikan di dalam kursi sofa.

"Ada dua tersangka yang diamankan, salah satunya warga negara Iran, Raaj sedangkan satu tersangka lainnya yaitu warga negara Indonesia bernama Agus," kata Juru Bicara Direktorat Jenderal Beacukai Martediansyah di Jakarta, Jumat 15 April 2011.

Ia mengungkapkan keduanya ditangkap tadi malam jam 21.00 WIB di Kantor Pelayanan Utama (KPU) Tipe A Bea Cukai Tanjung Priok.

Kedua tersangka saat ini masih menjalani pemeriksaan dan akan diserahkan ke Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Sementara, dalam kasus ini, ada juga tersangka yang masih buron. "Satu tersangka warga negara Iran bernama Saeed sedang dicari,"ujarnya.

Siang ini rencananya Dirjen Bea Cukai dan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya akan menggelar rilis terkait kasus ini.

Soal keterlibatan warga negara Iran dalam penyelundupan narkoba pernah disinggung Badan Narkotika Nasional (BNN). Menurut BNN, pengedar dari Iran ini patut diwaspadai karena terus mengalami peningkatan sejak awal tahun ini.

Kepala Bidang Humas BNN Sumirat Dwiyanto mengatakan, sejak bulan Januari telah ditangkap 7-8 orang pengedar asal Iran.
Disinyalir jumlah tersebut akan terus meningkat terkait beberapa alasan. Pertama, karena hukuman masalah narkotika di Iran lebih ringan dari pada di Indonesia sehingga mereka berani melakukan tindakan ini. Kedua, karena faktor ekonomi di negara Iran yang mengenaskan.

Hasil penyelidikan yang telah dilakukan, upah yang diterima pengedar Iran lebih rendah daripada negara lain contohnya Nigeria. Sebagai pembanding, warga Iran diberi upah sebesar US$2 ribu sedangkan warga Nigeria US$5 ribu. Oleh karena itu para kartel-kartel narkoba lebih memilih menggunakan kurir warga negara Iran. (eh)

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini
Harmoni Energi Sehat

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Salah satu langkah konkret yang diambil dalam merayakan Hari Kartini adalah meluncurkan Harmoni Energi Sehat (HES), sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesehatan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024