Jenazah Helmy Diotopsi di RSCM

Ilustrasi korban pembunuhan
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Prastowo

VIVAnews - Jenazah penagih utang (debt collector) Helmy Yohanes Manuputi, yang diduga meninggal akibat penganiayaan salah seorang anggota TNI, akan diotopsi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Saat ini, jenazah sudah tiba di rumah sakit tersebut diantar sejumlah rekannya.

"Sekarang sudah tiba di Rumah Sakit Cipto, masih menunggu (otopsi)," kata seorang rekan korban yang enggan disebutkan namanya kepada VIVAnews.com usai ikut mengantar jenazah ke RSCM, Salemba, Jakarta, Selasa 19 April 2011.

Menurut dia, keputusan otopsi dilakukan karena kematian Helmy diduga akibat mengalami penganiayaan. "Ini meninggal karena dianiaya, kalau mau lebih jelas, lebih baik merapat ke rumah duka RS UKI Cawang, di sana ada kerabatnya," katanya.

Helmy Yohanes Manuputi, meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit UKI, Jakarta Timur. Menurut keterangan rekan korban yang bernama Buce (bukan Bruce), sempat terjadi penganiayaan yang dilakukan sejumlah oknum TNI Kostrad.

Helmy dan tiga rekannya sempat dibawa sejumlah pria berbadan tegap ke sebuah tempat yang mereka anggap sebagai markas tentara. Mereka disergap dari depan kantor SMS Finance, pada Senin pekan lalu. Empat penagih utang dari SMS Finance itu kemudian dimasukkan ke dalam mobil.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Di tempat yang dianggap seperti markas tentara itu, menurut keterangan Buce, Helmy diduga dianiaya. Kedua kaki dan tangan diikat. "Mata kami ditutup," ujar Buce.

Masih berdasarkan keterangan Buce, satu dari mereka sempat meloloskan diri setelah loncat dari dalam mobil yang membawa mereka. "Ada yang lolos karena loncat dari mobil," ujarnya.

Setelah dianiaya, mereka kemudian dibuang di tempat terpisah. Belakangan diketahui bahwa Helmy dibuang di kawasan Cililitan, Jakarta Timur. Dengan kondisi penuh luka, Helmy pulang ke rumahnya, diantar tukang ojek. Malam itu juga, Helmy dilarikan ke Rumah Sakit UKI, Cawang, Jakarta Timur, karena kondisinya mengkhawatirkan.

"Dia dirawat selama seminggu. Meninggalnya Senin kemarin," katanya.

Sebelum terjadi penculikan, pada Senin 11 April 2011, sekitar pukul 14.00 WIB, kantor SMS Finance didatangi puluhan anggota TNI. Di antara mereka adalah oknum berinisial R, nasabah yang melaporkan Helmy karena tindakan tidak menyenangkan saat menagih utang tunggakan mobil milik R.

"Puluhan lelaki berbadan tegap. Ada yang memakai seragam loreng dan tidak. Mereka bawa pistol, golok, dan senjata laras panjang,"ujarnya. (art)

Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024