Bom Buku, Polda Metro Tangkap 19 Orang

Buku Berisi Bom di Utan Kayu
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Sutarman mengungkapkan pihaknya telah mengamankan 19 orang yang diduga terkait dengan bom buku yang sempat menghebohkan ibukota beberapa waktu lalu. Ke-19 orang tersebut ditangkap di empat lokasi berbeda.

"Ada di Pondok Kopi (Jakarta), Bekasi, Tangerang, dan Aceh. Pelaku barunya ini di Aceh ini," ujar Irjen (Pol) Sutarman di sela Pemantauan Pengamanan Perayaan Paskah di Gereja Katedral, Jakarta, Kamis malam, 21 April 2011.

Irjen Sutarman mengatakan, pemeriksaan terhadap 19 orang tersebut saat ini terus dilakukan secara maraton untuk mengungkap dan mengaitkan dengan jaringan yang lebih besar.

Di antara 19 pelaku yang diduga terkait bom buku, tiga diantaranya merupakan pelaku baru yang ditangkap di Aceh yaitu Pepi, Joko, dan Edi.
"Kemungkinan terkait dengan jaringan lain masih akan kami tindak lanjuti," kata Kapolda.

Untuk sementara, Polda menduga pelaku bom buku terkait dengan upaya pengeboman di Utan kayu, Jakarta, Puspitek Tangerang, serta Kota Wisata Cibubur.

Sementara mengenai penelusuran dengan jaringan lainnya, Kapolda mengatakan keterkaitan 19 pelaku ini akan dicocokkan dengan jaringan teroris yang sudah diikuti oleh Detasemen Khusus Anti Teror 88. "Ada di antaranya jaringan lama, tapi menggunakan sel-sel baru untuk proses rekrutmennya," katanya.

Pada bagian lain, Irjen Sutarman mengungkapkan pada penangkapan pelaku bom buku di Pondok Kopi, personil kepolisian menemukan beberapa alat untuk pembuatan bom. 

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Namun di lokasi penangkapan di Pondok Kopi, tim tidak menemukan adanya bom seperti yang ditemukan di Jalur Pipa Gas Summarecon Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Tim Densus 88 terus menyisir sejumlah lokasi yang disebut oleh para terduga teroris yang sudah tertangkap itu," katanya.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024