Pengajian Tersangka Teroris Sepi Peserta

Densus 88 mengawal tersangka teroris, Sri Puji Mulyo Siswanto
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Salah satu pelaku teror bom buku Hendi Suhartono atau HS yang ditangkap Densus 88 di kawasan Cidokom, Bogor, Jawa Barat, pernah menjadi ketua Ikatan Remaja Masjid (Irmas) di kawasan itu. Namun setelah HS menjadi ketua justru pengajian malah sepi.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Menurut Ketua RT 03, Desa Cidokom, Iwan Dono, HS yang juga dikenal dengan nama Jokaw terkenal aktif dalam kegiatan pengajian remaja. Tapi setelah keterlibatan HS, malah banyak pemuda yang keluar karena dia memiliki pemikiran yang berbeda.

"Dia sering membicarakan negara dan politik di pengajian,” jelas Iwan, Selasa 26 April 2011.

Sejak itu, pengajian menjadi sepi dan banyak anggotanya yang tidak ikut karena HS membawa ajaran baru yang dianggap aneh. Namun tidak ada warga yang mau menjelaskan mengenai ajaran menyimpang yang disampaikan HS. "Saya pernah tanya remaja yang tidak ikut pengajian. Mereka jawab tidak mau mengaji karena ajaran Jokaw udah menyimpang," ujar Iwan.

Sementara itu, sejumlah warga juga mengetahui otak pelaku bom buku, Pepi Fernando pernah tinggal di Cidokom. Tapi beberapa warga tidak mengetahui secara pasti apa kegiatan Pepi saat berada di Cidokom.

Namun keterangan warga dibantah Kepala Desa Cidokom, Ahmad Ichsan. Dia memastikan Pepi tidak pernah tinggal lama apalagi sampai mengontrak rumah. "Mungkin cuma menginap berapa hari saja," ungkap Achmad.

Polisi menyebut Pepi sebagai otak bom buku yang meneror Jakarta pada Maret lalu. Saat ledakan bom buku di Utan Kayu, Jakarta Timur, satu polisi luka parah. Bahkan, setengah lengannya harus diamputasi.

Sedangkan pada temuan bom di Serpong, polisi menemukan sembilan paket bom dengan berat bervariasi. Berat paket bom mulai 10 sampai 15 kilogram itu ditemukan di sepanjang jalur pipa gas milik Perusahaan Gas Negara. Lokasi temuan bom tak jauh dari Gereja Christ Catedral. Temuan ini sehari jelang perayaan Jumat Agung dan Paskah. Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor (adi)

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo
Vera Margaret

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

PT Bank UOB Indonesia (UOB) menggelar diskusi bertajuk 'Membangun Budaya Keuangan yang Sehat bagi Generasi Muda, di Ramayana Terrace, Jakarta, Pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024