2 Oknum TNI Terlibat Komplotan Pencuri Avanza

Polda Metro Jaya
Sumber :

VIVAnews - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya membekuk kawanan pencuri spesialis mobil Avanza. Dari 11 pelaku yang ditangkap, dua di antaranya adalah prajurit TNI yang masih aktif bertugas.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Heri Rudolf Nahak, mengatakan, para pelaku merupakan jaringan Indramayu Semua ada sebelas tersangka. "Dua adalah oknum tentara yakni Sertu H dan Praka ER," imbuh dia, Jumat, 29 April 2011.

Menurut Herry, kedua oknum prajurit ini berperan menerima kendaraan hasil kejahatan dan menyiapkan surat kendaraan palsu. Salah satunya pernah ditangkap Nopember 2010 lalu di Bekasi dalam kasus yang sama. "Saat ini keduanya sudah diserahkan ke kesatuannya masing-masing (POM)," ungkapnya.

Modus operandi komplotan ini yakni menggasak mobil yang diparkir di depan rumah. Kemudian, pelaku merusak kabel alarm serta kunci mobil menggunakan kunci letter T.

Usai menggasak, mobil curian itu kemudian diserahkan ke penadah dan dijual ke orang yang memesannya di daerah Bandung dan Cirebon. Hebatnya, mobil hasil kejahatan yang dijual juga dilengkapi dengan surat-surat kendaraan palsu yang dibuat oleh pelaku.

Dari para pelaku, polisi menyita 13 mobil lengkap dengan surat kendaraan bodong. Kebanyakan Avanza dan Innova. "Satu unit Avanza laku dijual Rp30 juta sedangkan Innova dijual Rp46 juta lengkap dengan surat kendaraannya," ujar Herry mengakhiri perbincangan.

Selain menyediakan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu sebagai pelengkap mobil cuirian, STNK palsu yang dibuat komplotan ini juga dijual umum. Harganya Rp2 juta per lembar. STNK tanpa hologram itu dibuat di markas mereka di Utan Kayu, Jakarta Timur.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!
Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Politisi yang akrab disapa Ibas, itu menyatakan siap bersinergi dan berkolaborasi, dalam pembangunan demi kesejahteraan rakyat. Transisi pemerintahan harus berjalan baik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024